Home Nusantara Jatim Perluas Jaringan, Pemkot Blitar Bangun Kerjasama dengan Korsel

Perluas Jaringan, Pemkot Blitar Bangun Kerjasama dengan Korsel

21
Wali Kota Blitar menyerahankan cinderamata kepada perwakilan asisten konsuler Korsel,
Sebagai tanda di muliainya kerjasama, Wali Kota Blitar menyerahankan cinderamata kepada perwakilan asisten konsuler Korsel, di Kantor Wali Kota Blitar, Selasa (15/6/2021). Foto : Achmad Zunaidi
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar bersiap untuk menjalin kerja sama dengan Negara Korea Selatan dalam sejumlah bidang. Sementara untuk bidang yang telah dilakukan pembahasan sendiri yakni bidang ketenagakerjaan dan pendidikan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Blitar, Santoso usai menerima kunjungan dari asisten konsuler Korea Selatan, di Kantor Wali Kota Blitar, Selasa (15/6/2021).

Menurut Santoso, nantinya kerja sama di bidang ketenagakerjaan berupa pengiriman tenaga kerja ke Korea Selatan yang akan bekerja pada sektor pertanian. Dalam rencananya para tenaga kerja akan bekerja selama 10 bulan dalam satu tahun di negeri ginseng tersebut.

“5 bulan bekerja, Kemudian diberi waktu istirahat 2 bulan, setelah itu kembali lagi bekerja selama 5 bulan. Jadi diberi jeda selama 2 bulan, supaya mereka bisa bertemu dengan keluarganya,” kata Santoso.

Kemudian untuk yang bidang pendidikan wujud kerja samanya yaitu pengiriman mahasiswa Indonesia ke Korea Selatan. Pengirimannya diutamakan bagi mahasiswa yang berasal dari wilayah Kota Blitar.

Baca Juga :

“Bagi mereka yang mempunyai keinginan untuk kuliah dan mempunyai prestasi yang bagus. Tetapi tidak mempunyai biaya. Maka akan dibantu untuk dicarikan beasiswa. Untuk menempuh studi kesarjanaan di Korea,” ungkapnya.

Lebih lanjut, untuk menindaklanjuti pertemuannya dengan asisten konsuler Korea Selatan, Pemkot Blitar akan menugaskan perwakilan untuk mengadakan kunjungan di Korea Selatan guna melakukan monitoring keadaan di sana.

“Untuk mengecek kondisi sebenarnya di sana, keadaan penampungannya, keadaan transportasinya, baru kemudian nanti kita lakukan MoU,” lanjut mantan Wakil Wali Kota Blitar ini.

Santoso menegaskan, selama ada kecocokan ataupun kesesuaian dengan pihak yang akan menjalin kerja sama. Rencana tersebut akan segera direalisasikan. Karena prinsipnya kerja sama itu harus bisa memberikan nilai keuntungan.

“Mudah-mudahan kerjasama ini betul-betul bisa terealisasi. Kalau terealisasi pada tahap berikutnya kita akan kembangkan pada sektor-sektor yang lain,” pungkasnya.(adv/humas).

Reporter : Achmad Zunaidi

Advertisement
SebelumnyaWagub Marlin Terus Dorong Laju Vaksinasi di Kepri
SelanjutnyaWali Kota Blitar Berharap PGRI Bisa Maksimalkan KBM Walapun Masih Pandemi Corona