Home Jelajah Jalan-Jalan

Dua Hari Berlibur di Lombok, Memandang Laut dari Bukit Gundul hingga Pantai Ajaib Merah Jambu

74
Lombok Bukit Gundul
Bukit Merese atau Bukit Gundul di Lombok. (Foto: May Sarah).

Dari puncak Bukit Gundul, mata disihir keindahan hamparan laut, gugusan pulau kecil dan bukit berbaris-baris. Pantai dan laut biru adalah nafas keindahan Lombok.

Penulis: May Sarah, Traveler

Barakata.id – Lombok, sebuah kota yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Cukup susah bagi saya mewujudkan mimpi untuk menginjakkan kaki ke kota ini karena biaya transportasinya begitu mahal. Sehingga dari tahun ketahun Lombok hanyalah menjadi sebuah destinasi impian.

Ketika sebuah maskapai penerbangan menawarkan promo besar-besaran, saya tak menyia-nyiakan kesempatan ini, meski harus melalui keberangkatan dari negara tetangga Malaysia. Saya bertekad menempuh perjalanan panjang tersebut meski virus corona mulai menyebar.

Singkat cerita dengan bermodal tiket Kuala Lumpur-Lombok seharga Rp350.00, saya bisa mewujudkan mimpi untuk mengeksplorasi kota kecil yang memiliki keindahan alam yang tak terbantahkan.

Selama di Lombok saya menyewa motor dengan harga Rp80.000 per hari, agar lebih leluasa untuk menjelajahi tiap tempat wisatanya.

Meski jarak tempuh dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan waktu 1-3 jam perjalanan menggunakan motor, namun semua itu terobati juga oleh keindahan alam yang dimiliki Lombok.

Di sepanjang jalan kita bisa menemui sawah, pegunungan, laut yang indah, jalan aspal yang bersih, bagus dan pastinya jauh dari kemacetan kota besar. Dan yang saya suka dari Lombok adalah banyaknya masjid, sehingga tak ada alasan untuk tidak sholat ya, kecuali lagi halangan.

Berikut beberapa tempat wisata yang berhasil saya kunjungi saat berada di Lombok:

PANTAI DUDUK

Pantai Duduk
Pantai Duduk di Lombok Barat. (Foto: May Sarah)

Pantai duduk berada di Jalan Sengigigi Lombok barat. Karena lokasinya bersebelahan dengan penginapan, sehingga begitu mudah bagi saya untuk mengunjunginya.

Masuk ke area Pantai Duduk gratis ya. Laut biru serta hamparan pasir yang sedikit berwarna hitam di dekat lautnya membuat pantai duduk agak berbeda dari pantai lainnya.

Ombak disini juga lumayan besar. Waktu paling pas bersantai di Pantai Duduk adalah sore hari dimana kita bisa melihat sunset.

Baca Juga: Pulau Indah nan Cantik di Sumbawa Barat Itu Namanya Pulau Kenawa

BUKIT MERESE

Lombok Bukit Gundul
Bukit Merese atau Bukit Gundul di Lombok. (Foto: May Sarah).

Bukit Merese atau yang lebih dikenal dengan Bukit Gundul oleh penduduk setempat. Terletak di wilayah Lombok Selatan dekat dengan pantai Tanjung Aan dan Kuta Lombok.

Jika kamu dari Bandara Internasional Lombok, Bukit Merese bisa ditempuh dengan jarak satu jam. Namun jika dari Mataram atau Senggigi bisa memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Kedengarannya saja namanya bukit, pasti yang terbayang di pikiran kita adalah sebuah gundukan tanah yang tinggi. Namun ternyata tidak demikian adanya. Bukit Merese tidak terjal sehingga mudah untuk mendakinya. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit kita udah bisa sampai di puncaknya. Jika malas untuk menanjak kamu bisa menggunakan jasa ojek dengan membayar Rp50.000 sekali jalan.

Sesampainya di atas bukit, siap-siap mata dimanjakan oleh pemandangan laut yang luar biasa indahnya. Bukit bukit berbaris, pulau-pulau yang indah, ombak tinggi menyapa, pasir putih yang mengundang untuk dijejaki, pokoknya ajib dah, dan bikin malas pulang. Oh iya untuk Tiket masuk ke bukit Merese cukup membayar Rp5.000 per motor.

Pantai Kuta Lombok Mandalika

Pantai Kuta Mandalika
Pantai Kuta Mandalika. (foto: May Sarah)

Setelah dari Bukit Merese, Pantai Kuta Mandalika yang berada di Desa Kuta Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat ini bisa jadi destinasi selanjutnya karena jalannya searah. Akses menuju ke Mandalika dari bandara bisa menggunakan Damri ataupun taxi travel.

Pantai Kuta sangat luas, berpasir putih, dan banyak para pedagang kain songket, t-shirt, aksesoris yang lalu lalang menawarkan dagangannya, mulai dari anak-anak kecil hingga orang tua.

Di pantai Kuta saya merasa kurang nyaman, sebab merasa terganggu oleh pedagang-pedagang tersebut yang terlalu memaksa untuk dibeli dagangannya.

Jika saya beli kepada satu orang, yang lainnya datang pula menyerbu sehingga saya kehilangan waktu bersantai menikmati keindahan laut di sini. Padahal biru lautnya benar benar memanjakan mata. Untuk tiket masuk ke Pantai Kuta Mandalika cuma bayar parker Rp5.000 / motor.

Baca Juga: Pasar Djadoel Mata Kucing, Perut Kenyang di Tengah Hutan sampai Berkuda di Kebun Binatang

Pantai Tangsi/Pink Lombok

Pantai Tangsi
Pantai Tangsi. (Foto: May Sarah)

Duuh ngomong soal pantai yang satu ini rasanya pasti setiap orang ngebet ingin kesana untuk menikmati pantai yang berwarna unik ini ya. Tapi sebelum kamu ke sana, kamu harus tahu bahwa pantai Pink yang berada di Desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur ini tidak setiap saat berwarna pink/merah jambu.

Ada jam tertentu pantai ini akan terlihat berwarna pink, seperti antara jam 8 pagi hingga jam 12 siang, di mana pantulan cahaya matahari yang membuat pasir dipantai menjadi terlihat kemerahan. Di atas jam tersebut bisa jadi tidak menemukan keunikan yang dicari. Seperti saya yang datang sore hari tak mendapatkan pasir atau gradasi pantai yang berwarna Pink tersebut L
Masuk ke Pantai Pink dikenakan tiket masuk Rp10.000/ orang.

Sebagian jalan menuju pantai Pink kurang begitu bagus ya gaes, sehingga jika mau kesini pakai motor, pastikan kendaraanmu dalam keadaan bagus, jika terjadi kendala sedikitpun carilah bengkel yang bisa kamu temukan selama perjalanan.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Lombok yang berhasil saya datangi. Dan dari hatiku yang paling dalam, saya cinta sama keindahan alam nya, kalau ditanya masih ingin ke Lombok ? jawabnya pasti YES !!

***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin