Home Jelajah Jalan-Jalan

Pulau Indah nan Cantik di Sumbawa Barat Itu Namanya Pulau Kenawa

1072
Pulau Kenawa
Pulau Kenawa. (Foto: May Sarah)

Masyarakat Indonesia patut bersyukur dan bangga karena memiliki alam Indonesia yang indah salah satunya Pulau Kenawa. Di setiap daerah selalu memiliki kekayaan wisata alamnya sendiri.

Penulis: May Sarah, Traveler

Barakata.id – Seperti saya yang sangat bersyukur bisa menjejakkan kaki di sebuah pulau kecil yang penghuninya hanyalah beberapa orang bapak dan ibu paruh baya. Mereka membuka warung untuk para wisatawan yang datang ke Pulau Kenawa. Selebihnya Pulau Kenawa hanya berisikan hamparan ilalang, rumput hijau dan sebuah bukit yang menjadi ikon dari pulau itu.

Pulau Kenawa berada di Kabupaten Sumbawa Barat Nusa Tenggara Barat. Cukup mudah akses menuju Pulau karena transportasi umum telah tersedia mulai dari DAMRI, travel atau taksi. Dan kali ini saya memulai perjalanan dari Bandara Internasional Praya Lombok.

Setelah keluar bandara, saya segera menuju konter DAMRI dan membeli tiket seharga Rp25.000 menuju terminal DAMRI Mataram.

Perjalanan dari bandara menuju mataram memakan waktu sekitar satu jam. Setelah sampai di terminal Mataram, saya beralih ke DAMRI yang tujuannya Mataram – Sumbawa dengan harga Rp70.000. Harga ini sudah termasuk tiket penyeberangan dari Pelabuhan Kayangan ke Pelabuhan Pototano Sumbawa.

Perjalanan kali ini cukup lama sekitar 1,5-2 jam sehingga pastikan perut terisi ya agar tidak kelaparan atau kehausan.

Ternyata Pelabuhan Kayangan ini beroperasi 24 jam sehingga saya tak perlu cemas untuk ketinggalan kapal. Meski perjalanan dari Kayangan menuju Pototano ditempuh selama dua jam juga, saya tidak merasakan kebosanan sebab kapal yang berlayar merupakan kapal besar yang memiliki tiga lantai. Lantai pertama untuk kendaraan, lantai dua dan tiga untuk penumpang dengan sofa yang cukup nyaman.

Baca Juga: Pasar Djadoel Mata Kucing, Perut Kenyang di Tengah Hutan sampai Berkuda di Kebun Binatang

Foto: May Sarah

Perjalanan menggunakan DAMRI berakhir di Pelabuhan Pototano, dan saya melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan kapal kecil yang ada di sebelah pelabuhan. Cukup jalan kaki saja karena pemandangan di sana begitu indah, membuat jarak 1,5 km itu menjadi tidak terasa jauh.

Sampai di pelabuhan kecil, saya dihampiri oleh seorang bapak-bapak yang menanyakan tujuan saya. Saya sampaikan saat itu saya ingin ke Pulau Kenawa. Karena saya hanya sendiri maka dipasang harga Rp200.000 untuk pulang dan pergi. Jika saya ingin menunggu dan bergabung dengan penumpang lain , maka biayanya Rp50.000 pulang pergi (PP) untuk 10 orang penumpang.

Karena mengejar waktu agar bisa kembali ke Mataram hari itu juga, maka saya menyewa perahu saja. Meski sendiri, Si Bapak tetap mau mengantar karena ternyata perjalanannya hanya memakan waktu 15 menit saja. Dan saya sudah sampai di Pulau Kenawa yang indah. Si Bapak pun berkata bersedia menunggu dan membantu saya memotret selama di Pulau Kenawa. Aaaah bahagia sekali saat itu.

Baca Juga: Surga Wisata Bintan, Berikut Tempat Wajib Kamu Kunjungi

Foto: May Sarah

Pijakan pertama kaki saya di atas pasir putih dan air laut yang jernih. Rasanya ingin bersujud karena tak percaya saya bisa sampai di satu pulau yang begitu indah di Sumbawa.

Bertahun-tahun saya hanya melihat Pulau Kenawa dari media sosial, namun hari ini saya berdiri di sini. Berdiri di depan bukit yang kokoh. Saya tak menyianyiakan waktu. Saya berteriak, bernyanyi, berucap syukur, berlari-lari kecil di antara rumput hijau yang membentang dan pastinya tak henti berfoto-foto saking senangnya.

Apalagi saat itu hanya saya sendiri pengunjung dis ana yang berasal dari luar kota. Selebihnya hanya ada beberapa orang yang memancing dan duduk di kantin.

Foto: May Sarah

Satu jam rasanya saya sudah cukup menikmati keindahan Pulau Kenawa, dan sayapun mengajak si Bapak untuk mengantar saya kembali ke Pelabuhan Pototano, karena saya harus kembali ke Mataram. Berat rasa hati meninggalkan Pulau Kenawa namun hati sudah cukup puas bisa melihat langsung keindahannya yang tak terbantahkan.

Indonesia… Aku Bangga Dengan Keindahan Alammu !!!