Home Kepulauan Riau Batam 93 Warga Terjaring Razia Masker di Bengkong, 4 Reaktif

93 Warga Terjaring Razia Masker di Bengkong, 4 Reaktif

34
Razia Masker di Bengkong
Razia Masker di Bengkong, sebanyak 93 warga terjaring razia, Selasa (27/10/20). (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id, Batam – Sebanyak 93 warga Batam terjaring razia masker di area Kecamatan Bengkong, Kota Batam, Selasa (27/10/20). Setelah dilakukan tes rapid, 4 di antaranya reaktif.

Kali ini operasi penindakan terhadap pelanggaran protokol kesehatan dilakuan di Pasar Cahaya Garden, Bengkong. Warga yang berbelanja atau lewat di kawasan tersebut apabila tak pakai masker langsung dihentikan.

Selain didata dan menandatangani perjanjian tak akan melanggar lagi, para pelanggar razia masker di Bengkong ini juga wajib tes rapid di tempat. Satgas Penangangan Covid-19 Batam telah menyediakan tim kesehatan yang akan melakukan tes rapid.

Baca Juga:

“Alhamdulilah masyarakat yang melanggar tidak ada yg melawan ketika diambil tindakan meskipun mereka harus berjemur di kursi menjelang pemberian masker gratis,” kata Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum yang ikut turun dalam penindakan tersebut.

Memang, selain didata dan dites rapid, para pelanggar yang terjaring razia masker di Batam juga diberi masker. Tujuannya agar mereka tak lagi beralasan tak punya masker saat kena razia lagi.

Setelah tes rapid, para pelanggar diminta menunggu 15 menit sampai hasilnya keluar.

“Jika reaktif dipantau oleh puskesmas untuk isolasi mandiri di rumah dan jika ada keluhan akan langsung diswab,” katanya.

Syamsul mengatakan, sebelum melakukan penindakan, Pemerintah Kota  Batam bersama instansi vertikal seperti TNI dan Polri kerap melakukan sosialisasi. Pihaknya mengimbau agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari, salah satunya menggunakan masker.

Baca Juga:

Selain sosialisasi, pihaknya juga membagikan masker melalui program Gerakan Sejuta Masker. Penggunaan masker dianjurkan demi mencegah penularan virus corona.

“Tetap peka dan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sebagaimana Perwako 49/2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19,” kata dia.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin