Home Nusantara 16 Gunung Api di Indonesia Berstatus Waspada

16 Gunung Api di Indonesia Berstatus Waspada

145
Gunung Sinabung di Sumatera Utara (F: Wikipedia)

Jakarta – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan, ada 16 gunung api di Indonesia yang statusnya masuk Level II alias Waspada. Dari 127 gunung api aktif di Indonesia, ada 69 gunung yang dipantau secara menerus 24 jam sehari.

Dari pemantauan ketat tersebut, hasilnya dilaporkan pada Jumat (19/7/19) bahwa ada empat gunung api masuk status Level III atau Siaga, sementara 16 gunung statusnya Waspada.

Empat gunung berstatus Siaga tersebut adalah Gunung Sinabung (Sumatra Utara) sejak 20 Mei 2019, Agung (Bali) sejak 10 Februari 2018, Soputan (Sulawesi Utara/Sulut) sejak 3 Oktober 2018, dan Gunung Karangetang (Sulut) sejak 20 Desember 2018. 

Baca Juga : Gunung Ranai Natuna, Penunjuk Arah Para Pelaut

Sementara 16 gunung yang berstatus Level II atau Waspada adalah, Gunung Merapi (Jawa Tengah & Yogyakarta), Marapi (Sumatra Barat), Kerinci (Jambi), Semeru (Jawa Timur), Bromo (Jawa Timur), Rinjani (NTB), dan  Sangeangapi  (NTB).

Kemudian, Gunung Rokatenda (Flores, NTT), Lokon (Sulawesi Utara), Gamalama  (Maluku Utara), Gamkonora (Maluku Utara), Ibu (Halmahera, Maluku Utara), Dukono (Maluku Utara), Ili Lewotolok  (Lembata, NTT), Banda Api (Maluku), dan Anak Krakatau (Lampung).

Ssedangkan 49 gunung api sisanya, statusnya berada di level Normal.

Terkait dengan Gunung Sinabung yang merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia saat ini, tingkat aktivitas sejak tanggal 20 Mei 2019 pukul 10.00 WIB diturunkan menjadi Level III (Siaga). Gununh Sinabung (2.460 m dpl) mengalami erupsi sejak tahun 2013 . Erupsi terakhir tanggal 9 Juni 2019.

Gunung Merapi juga masuk Waspada. Gunung yang berada di 2.968 m dpl ini mengalami erupsi tidak menerus. Berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya, maka pada 21 Mei 2018 pukul 23.00 WIB tingkat aktivitas Gunung Merapi dinaikkan dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada)

Baca Juga : Kawasan NTB Resmi Jadi Cagar Biosfer Dunia

Adapun Gunung Api Kerinci juga masuk Waspada. Kerinci yang berada di 3.805 mdpl mengalami erupsi tidak menerus. Dari kemarin hingga pagi ini visual gunung api jelas hingga tertutup kabut, hujan gerimis.

Asap kawah utama teramati berwarna putih tipis, intensitas sedang, tinggi 150 – 300 meter dari puncak. Angin bertiup lemah hingga kuat ke arah timur laut.

“Gunung Bromo tiigkat aktivitas Level II (Waspada). Bromo mengalami erupsi tidak menerus. Dari kemarin hingga pagi ini visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah utama berwarna putih tipis, tinggi 50 – 300 meter dari puncak. Angin bertiup lemah ke arah baratdaya, barat dan barat laut,” bunyi laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi  Kementerian ESDM, dikutip Sabtu (20/7/19).

*****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here