Home Kepulauan Riau

Corona Serang ASN, Pemko Batam Terapkan WFH Lagi

Pemko Batam
Sekda Kota Batam Jefridin Hamid.

Barakata.id, Batam – Virus corona kembali menyerang para ASN di lingkungan Pemko Batam. Untuk mencegah meluasnya penyebaran virus itu, Pemko Batam pun menerapkan work from home (WFH) lagi.

Sistem WFH atau bekerja dari rumah bagi ASN Pemko Batam berlaku mulai tanggal 2 hingga 16 November 2020.

Pemberlakuan WFH itu berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Batam Nomor 181 Tahun 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi Covid-19 di Kota Batam.

Baca Juga :

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin mengatakan, penerapan WFH harus diterapkan lagi karena ada temuan kasus Covid-19 di kalangan ASN.

Terakhir, data Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam mencatat ada 13 ASN Pemko Batam yang terpapar virus corona. Mereka adalah pegawai di Kantor Kecamatan Batuaji, Puskesmas Belakangpadang, dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Menurut dia, kantor-kantor yang pegawainya ada terkonfirmasi positif Covid-19 langsung dilakukan sterilisasi. Para ASN di kantor tersebut juga telah melakukan WFH.

“Pemberlakuan WFH ini harus dilakukan demi mencegah dan menekan penularan virus corona kepada ASN lainnya, supaya klaster ASN tidak meluas,” kata Jefridin, kemarin.

Meski demikian, Jefridin menegaskan bahwa untuk pelayanan publik akan tetap berjalan, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Pelayanan kepada warga tetap berjalan, seperti di Kecamatan Batuaji, harus tetap buka. Yang penting, terapkan protokol kesehatan baik itu ASN yang bertugas maupun warga yang ingin mengurus kebutuhan di kantor kecamatan,” kata dia.

Baca Juga :

Jefridin mengakui, perjuangan melawan virus corona masih panjang.  Di lingkungan Pemko Batam sendiri, walau sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, juga masih bisa ditembus.

Kemungkinan, lanjut Jefridin, serangan virus itu datang dari luar, lalu masuk ke lingkungan kerja di kantor ASN tersebut.

Karena itu, Jefridin mengingatkan kepada seluruh ASN Pemko Batam agar selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Bukan hanya saat bekerja di kantor tapi juga ketika berada di rumah atau di lingkungan masyarakat.

“Selalu gunakan masker, hindari kerumunan. Cuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir. Dan yang penting, tingkatkan imun tubuh dengan berolahraga dan menjalankan pola hidup sehat,” pungkas dia.

*****

Editor : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin