Home Gaya Kesehatan

Trik Agar Badan Tetap Bugar Saat WFH

58
Kerja di Rumah
Work From Home (WFH) menjadi tantangan tersediri bagi pekerja yang biasanya bekerja dengan rekan kerja dan ruang kerja yang nyaman. (F: istimewa)

Barakata.id – Bagi kebanyakan orang Work From Home (WFH) bukan berarti bisa kerja sambil rebahan. Sebab tidak semua orang dapat merasa nyaman saat bekerja sendirian.

Banyak juga yang merasa tidak konsentrasi karena ruang kerjanya di rumah tak senyaman di kantor.

Belum lagi yang pekerjaannya harus berkutat dengan komputer atau laptop. Kursi dan gaya duduk yang salah saat WFH dapat menyebabkan lelah yang berlebihan.

“Alternatif dan postur pada ruang kerja harus diperhatikan,” kata Suci Wahyu Ismiyasa, S.Ft, M.Erg, Dosen Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Minggu (31/5/20).

Baca Juga :
Masker Rajut, Modis dan Aman dari Virus

Tubuh memang didesain untuk bergerak setiap hari. Maka duduk atau berdiri terlalu lama, itu dapat merugikan kesehatan.

Oleh karena itu posisi duduk di depan komputer tidak boleh sama sepanjang hari. Cobalah beberapa postur ketika Anda mulai merasa lelah untuk mencapai kenyamanan.

“Terapkan istirahat pendek untuk berdiri atau berjalan-jalan sekitar meja kerja. Bangun dari duduk paling tidak setiap jam. Lakukan juga olahraga kecil atau ringan, streching di sela bekerja,” ujarnya.

Tak hanya mengubah posisi, jarak antara mata dan layar komputer juga wajib diperhatikan. Tidak boleh terlalu dekat. Suci menyarankan pelaku WFH untuk menerapkan hukum 20-20-20 untuk mengurangi kelelahan mata.

“Setiap 20 menit bekerja lihat jarak sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik,” kata peraih magister Ergonomi di Universitas Udayana ini.

Baca Juga :
Pemko Batam Perpanjang Belajar di Rumah Sampai 13 Juli 2020

Pastikan juga area bekerja mendapatkan pencahayaan yang baik. Tempatkan area bekerja tegak lurus dengan jendela untuk menurunkan silau.

“Untuk menjaga dehidrasi juga wajib minum banyak air secara konsisten dan istirahat yang cukup,” kata dia.

Meskipun sedang di rumah, jangan pernah bawa makanan di dekat peralatan komputer. Sebab hal itu akan mempengaruhi fokus dalam bekerja.

“Berikan dua tempat yang beebeda. Di mana fokus bekerja dan di mana fokus untuk makan,” ucapnya.

*****

Penulis : Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin