7 Penyebab Selingkuh, Waspadai Medsos dan Perjalanan Dinas

132
Selingkuh
Foto ilustrasi. Perselingkuhan dipicu oleh beberapa faktor.

Barakata.id, Batam – Penyebab selingkuh itu apa sih? Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya demikian.

Selingkuh bisa membuat hubungan asmara yang sebelumnya melekat menjadi berkeping-keping. Mengapa ada orang yang tega menyelingkuhi pasangannya?

Menurut sejumlah peneliti dan psikolog, penyebab selingkuh  dipicu oleh banyak faktor. Salah satunya adalah terciptanya kesempatan, meski ia bukanlah penyebab utama.

Dilansir dari Bright Slide, Senin (21/12/20), sejumlah psikolog telah melakukan percobaan ilmiah tentang perselingkuhan. Mereka menguji sejumlah hal tentang keadaan yang bisa meningkatkan risiko orang-orang memutuskan untuk berselingkuh.

Baca Juga :

Hasilnya, ditemukan beberapa faktor atau penyebab sehingga seseorang mau menduakan cinta pasangannya. Dirangkum barakata.id dari berbagai sumber, berikut tujuh penyebab selingkuh:

1. Hilangnya keintiman emosional

Keintiman emosional sangat diperlukan oleh sepasang anak manusia yang sedang menjalin hubungan. Memang, pasangan yang tidak intim secara emosional bukan berarti hubungannya tidak akan langgeng.

Tapi siapa yang mau hidup berdampingan seumur hidup tanpa ada keintiman dengan pasangannya?

Nah, hilangnya keintiman ataupun keharmonisan asmara dalam kehidupan sehari-hari, dimasukkan oleh para ahli sebagai penyebab selingkuh. Dalam kasus ini, antara pria dan wanita yang menjalin hubungan, gagal membangun komunikasi dari hati ke hati.

Ada kalanya, kaum pria memang sangat sulit untuk mengutarakan isi hatinya. Di sisi lain, si wanita tak mampu memahami apa yang dibutuhkan oleh si pria.

Baca Juga :

Parahnya lagi, pasangan tersebut tidak bisa membuka percakapan intim tentang persoalan yang mereka hadapi bahkan untuk sekadar memberi pelukan atau ciuman hangat. Ingat, tidak selamanya pria itu berorientasi dengan seks semata.

Pandangan umum masyarakat, perselingkuhan yang dilakukan oleh pria seringkali hanya karena soal seks. Padahal tidak. Pria juga butuh sesuatu yang lain dari wanita, misalnya dukungan.

Begitu pula sebaliknya, wanita juga membutuhkan perhatian dari pasangannya. Jika terlalu sering diabaikan, hal itu dapat membuka celah dalam perasaan wanita untuk menerima perhatian dari pria lain.

2. Pengaruh lingkungan dan pengalaman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin