Home Kepulauan Riau

36 Anggota Panwascam Batam Dilantik, HP Harus Aktif 24 Jam

44
Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza melantik 36 anggota Panwascam di Hotel Pacific Batam, Senin (23/12/19). (F:IST)

Barakata.id, Batam – Sebanyak 36 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kota Batam, Kepulauan Riau dilantik di Hotel Pacific, Jodoh, Batam, Senin (23/12/19). Selama menjalankan tugas, semua anggota diminta agar tidak mematikan handphone (HP).

“HP harus aktif 24 jam, jangan sampai mati. Jadi kalau ada apa-apa bisa cepat ditangani langsung,” pesan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam, Syailendra Reza saat pelantikan.

Reza menegaskan, tugas Panwascam cukup berat karena berada di garda depan proses pemilihan umum (pemilu). Karena itu ia mengingatkan agar alat komunikasi (HP) seluruh anggota tidak boleh tidak aktif.

“Ini penting, harus menjadi ingatan kita semua. HP tidak boleh tidak aktif, agar kita mudah berkoordinasi di lapangan,” ujarnya.

Baca Juga :

Langgar Kode Etik, Semua Komisioner KPU Batam Diberhentikan

Para Panwascam yang baru dilantik ini, lebih dari 50 persen merupakan orang baru. Namun demikian, mereka sudah memiliki pengalaman.

Ada yang sudah pernah menjadi petugas pengawas di tingkat kelurahan, ada pula yang pernah menjadi panitia pelaksana kecamatan (PPK), atau panwascam di periode sebelum-sebelumnya.

Reza berpesan kepada 36 Panwascam yang baru dilantik agar mempersiapkan diri dengan baik jelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak pada tahun 2020.

“Rajin-rajinlah membaca Undang-Undang Pilkada, karena isinya berbeda dengan Undang-Undang Pemilu,” kata dia.

“Jangan bekerja setengah hati, kalau setengah-setengah, lebih baik mundur dari sekarang. Kita semua sudah bersumpah untuk bekerja melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu ataupun Pilkada. Mari kita berkomitmen untuk memberikan yang terbaik,” sambungnya.

Baca Juga :

Eks Koruptor Boleh Ikut Pilkada 2020, Ini Alasan KPU

Menurut Reza, setelah dilantik, Panwascam selanjutnya harus membangun koordinasi dengan pihak kecamatan, polsek, dan koramil di wilayah tugasnya masing-masing. Kemudian, Panwascam juga akan merekrut tenaga PPL atau panitia pengawas lapangan.

“Sekali lagi kami ingatkan, koordinasi dalam kerja kita ini sangat penting. Jadi, Panwascam harus memiliki komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pihak camat di wilayah masing-masing. Juga dengan aparat keamanan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, sesuai dengan tingkatan kerjanya maka Panwascam akan banyak berkoordinasi dengan camat.

“Segeralah bangun komunikasi dan koordinasi dengan camat. Saudara-sauadara sudah terpilih, sudah dipercaya untuk mengemban tugas yang cukup berat ini, jagalah kepercayaan itu,” katanya.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin