Home Nusantara Tekan Angka Kemiskinan, Wali Kota Blitar Genjot Perbaikan RTLH

Tekan Angka Kemiskinan, Wali Kota Blitar Genjot Perbaikan RTLH

Penyerahan bantuan keuangan dari Pemkot Blitar
Guna memenuhi rumah layak huni (RLH), sebanyak 192 warga kurang mampu pada Jumat (27/5/2022) mendapat bantuan keuangan dari Pemkot Blitar yang diserahkan langung oleh Wali Kota Blitar, Santoso. (foto : achmad/barakata.id)

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Wali Kota Blitar Santoso serahkan bantuan keuangan kepada 192 warga kurang mampu untuk mencukupi kebutuhan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Hal ini dilakukan Santoso untuk mengurangi angka kemiskinan di Kota Blitar.

“Dimana, ini merupakan bentuk kepedulian Pemkot Blitar kepada warga yang kurang mampu untuk dapat menempati Rumah Layak Huni (RLH) yang setiap tahunnya kita anggarkan,” ujarnya Jumat (27/5/2022)

Santoso menjelaskan, bahwa bantuan keuangan tersebut, berupa buku tabungan rekening bank yang dapat dicairkan untuk membeli material atau membayar tukang saat perbaikan rumah.

Baca juga : Gelar Hari Peduli Autisme Sedunia, Wali Kota Blitar : Beri Ruang Disabilitas Untuk Berkarya

Sedangkan sifatnya, ada yang murni dibangunkan baru, ada juga yang renovasi. Nilainya pun bervariasi dari 7 juta hingga 15 juta. Dilihat dari kerusakannya ringan, sedang atau berat.

Sementara, anggaranya bersumber dari APBD Kota Blitar tahun 2022 dan CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan yang ada di Kota Blitar.

“Untuk yang renovasi itu sebagai bentuk pancingan. Sehingga, kita berharap masyarakat sekitar dapat ikut berpatisipasi dan bergotong-royong membantu apakah itu berupa semen, makanan, atau bahkan tenaga,” pesan santoso.

Baca juga : Sebagai Tempat HUT Satpol PP se-Jawa Timur, Wali Kota Blitar Apresiasi Keputusan Gubenur Khofifah

Orang nomer satu di lingkup Pemkot Blitar itu juga mengatakan, mengingat rumah adalah satu dari tiga kebutuhan pokok yang harus tercukupi, maka pihaknya akan selalu mencari terobosan-terobosan supaya 1600 RTLH di Kota Blitar dapat terpenuhi.

“Harapan kita setelah semua terpenuhi, insaAllah mereka akan lebih bersemangat lagi dalam mengarungi kehidupan ini,” pungkasnya. (adv/jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin