Home Jelajah Seni Budaya

Ini Cerita Tari Bahtera Tabir Islami di Pembukaan MTQ Batam

42
Tari Bahtera Tabir Islami
Penampilan Tari Bahtera Tabir Islami pada pembukaan MTQ Tingkat Kota Batam, Senin (24/8/20) malam. (F: Disbudpar Batam)

Barakata.id- Tari Bahtera Tabir Islami jadi pembukaan MTQ tingkat Kota Batam. Seperti tahun-tahun sebelumnya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Kota Batam dilaksanakan di Dataran Engku Putri.

Acara yang diselenggarakan mulai tanggal 24-29 Agustus tersebut dibuka Senin (24/8/20) malam.

Tari kreasi kolosal yang mengisi pembukaan acara itu dibawakan oleh sanggar seni gabungan binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam.

Baca Juga:
“Legenda Batuampar” Juarai Parade Tari Daerah Batam

Kadisbudpar Ardiwinata mengatakan tari kreasi itu menceritakan tentang sejarah Islam di Kepri. Disertai dengan peradaban Hindu dan Buddha yang diperkirakan masuk melalui pedagang dari Tiongkok dan India.

Masa Islam di Kepri sendiri berkembang dengan berdirinya Kesultanan Riau Lingga. Pada saat itu para pedagang dari India, Gujarat dan Arab datang menggunakan kapal untuk berdagang. Saat itulah ajaran Islam disebarkan ke Kepri. Singkatnya Bahtera Tabir Islami menceritakan perkembangan Islam di Kepri yang saat ini sangat mendominasi di tanah Melayu ini.

Tak hanya diisi dengan Tari Bahtera Tabir Islami, pada pembukaan MTQ itu juga ditampilkan tari persembahan.

“Ada 36 orang yang tampil, 11 orang untuk tari persembahan dan 25 orang untuk tari kolosal,” kata Ardi.

Kendati demikian penampilan tari-tarian itu tetap mematuhi protokol kesehatan. Diantaranya memakai masker dan menjaga jarak antara para penari. Kendati pandemi Covid-19 masih melanda, namun Ardi berharap pelaksanaan MTQ kali ini tetap lancar.

Baca Juga:
Tari Jogi Ribuan Pelajar dan Puisi Amsakar Buka Kenduri Seni Melayu 2019

“Peserta, panitia maupun yang nonton tetap wajib mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” kata dia.

Malam pembukaan itu juga dihadiri Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan para FKPD Kota Batam. Tahun ini pelaksanaan MTQ tetap bisa disaksikan tanpa langsung ke lokasi acara. Masyarakat cukup mengakses Facebook Media Center Pemerintah Kota Batam dan menonton live steaming lewat akun tersebut.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin