Home Kepulauan Riau Bintan Kampong Teripang, Destinasi Wisata Berskala Internasional di Bintan

Kampong Teripang, Destinasi Wisata Berskala Internasional di Bintan

36
Kampong Teripang di Bintan
Salah satu fasilitas untuk menginap yang disediakan di Kampong Teripang. (F: kampongteripang.com)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Bintan- Kampong Teripang merupakan salah satu destinasi wisata di Bintan, Kepulauan Riau yang berskala lokal dan internasional.

Asisten General Manager Kampong Teripang, Leonardo Wiliam Pratama mengatakan, Kampong Teripang yang berada di Kecamatan Teluk Bakau tidak hanya memanjakan para wisatawan, melainkan juga menyajikan makanan yang kaya nutrisi dan juga kecantikan.


“Bahan baku utama makanan dan kosmetik merupakan teripang. Teripang merupakan hewan laut berbentuk menyerupai sayuran timun dan bertekstur cukup lunak,” ujarnya, Selasa (28/9/21), dikutip dari kepriprov.go.id.

Baca Juga:

Di Kampong Teripang pengunjung dapat menikmati keindahan panorama pantai yang bersih dan nyaman, serta kafe. Wisatawan dapat berlibur selama beberapa hari menikmati keindahan Kampong Teripang.

Dilansir dari website kampongteripang.com, Kampong Teripang menawarkan konsep edu-ekowisata. Sehingga tak hanya menjadi tujuan wisata yang menawarkan wisata rekreasi, tapi juga menawarkan pendidikan berbasis sumber daya kelautan.

Pengembangan edu-ekowisata berbasis teripang sebagai sumber daya laut merupakan edu-ekowisata berbasis teripang pertama di dunia.

Teripang ini belum banyak dibudidayakan oleh nelayan, sehingga populasinya belum banyak. Pihak Kampong Teripang berharap kehadiran edu-ekowisata tersebut dapat memberikan dampak bagi sektor ekonomi maupun masyarakat. Di antaranya pengembangan ekonomi kreatif, kesempatan kerja, peningkatan kualitas keterampilan dan pengembangan sosial ekonomi.

Di laman tersebut juga disebutkan beberapa paket yang disediakan saat berwisata di Kampong Kelong. Di antaranya paket longdrip ecperience, Melamun daytrip experience, private rent Kelong Melamun, stay at Melamun Kelong dorm room, Bekarang experince, all night fisihing, full experience Kampong Teripang, dan lain-lain.

Kampong Teripang juga menyediakan kafe yang unik. Leonardo mengatakan, wisatawan dapat menimkmari berbagai menu makanan. Salah satunya ada yang dicampur dengan kolagen yang kaya protein yang berasal dari teripang.

“Craqueline Chox, menu makanan pembuka atau dessert, yang merupakan salah satu andalan Kampong Teripang,” ujarnya.

Kolagen merupakan bahan yang bagus dan aman untuk dikonsumsi. Kolagen terkenal dengan khasiatnya yang luar biasa untuk kecantikan. Kolagen pun dipercaya memiliki fungsi memberi kekuatan dan elastisitas kulit dan membantu penggantian sel kulit mati.

“Berlibur di Kampong Teripang merupakan kesempatan emas untuk menikmati alam, pantai, udara segar, dan makanan yang sehat di masa pandemi,” ujarnya.

Baca Juga:

Yoli, salah seorang pengunjung di Kampung Teripang mengagumi destinasi wisata itu. Selain menyediakan kawasan wisata yang indah dan tertata rapi, Yoli juga memuji makanan khas Kampong Teripang itu.

“Makanannya sangat nikmat,” kata dia.

Yoli mengakui makanan seperti yang disajikan di Kelong Melamun milik Kampong Teripang belum pernah dicicipinya di tempat lain. (asrul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin