Home Kepulauan Riau

Polda Kepri Pastikan Perayaan Natal di Batam Aman dari Ancaman Bom

115
Tim Penjinak Bom Brimob Polda melakukan sterilisasi di salah satu gereja di Batam, Selasa (24/12/19). (F: Barakata.I'd/ist)

Barakata.id ,Batam – Jajaran Polda Kepri (Kepulauan Riau) memastikan perayaan Natal di Kota Batam aman dari segala bentuk ancaman berbahaya. Umat Kristiani diimbau tidak takut untuk melaksanakan ibadah di gereja-gereja.

Masyarakat lainnya juga disarankan tetap melakukan aktivitas dengan gembira seperti beribadah, berwisata menikmati hari libur serta kegiatan lainnya tanpa rasa cemas berlebihan.

Tim dari Unit Penjinak Bom Brimob Polda Kepri telah melakukan kegiatan sterilisasi di rumah-rumah ibadah umat Nasrani di Batam pada Selasa (24/12/19) mulai pukul 12.00 WIB.

Baca Juga :

5 Pesan Kapolda Kepri untuk Polwan, dari Karir hingga Gaya Hidup Mewah

Kegiatan sterilisasi terhadap 4 gereja yakni Gereja HKBP Lubuk Baja, Gereja Santo Petrus, GBI Alfa Omega dan GPDI Pelita menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya tanda-tanda benda yang berbahaya dan jenis gangguan lainnya.

Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Harry Goldenhardt S SIK mengatakan, tim sterilisasi dipimpin oleh Ipda Zulhendra beserta 8 orang personel Jibom Brimob Polda Kepri. Sterilisasi dilakukan terhadap keberadaan benda-benda mencurigakan dan berbahaya maupun antisipasi bahan peledak yang ada di lokasi tersebut.

“Dari hasil sterilisasi yang berlangsung selama dua jam, tidak ditemukan adanya tanda-tanda benda yang berbahaya,” kata Harry kepada barakata.id, Selasa (24/12/19).

Kegiatan sterilisasi oleh Tim Penjinak Bom Brimob Polda Kepri di salah satu gereja di Batam, Selasa (24/12/19). (F: Barakata.id/ist)

Harry mengatakan, selain melaksanakan sterilisasi, Polri juga menyiagakan personel pengamanan di bawah pimpinan Kapolsek Lubuk Baja, Kompol Yunita Stefani SIK.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang menjalankan ibadah Natal 2019 dan merayakan Tahun Baru 2020 tidak perlu merasa khawatir dan takut dalam melaksanakan ibadah di gereja.

Mempertegas jaminan keamanan perayaan Natal di Batam, malam ini Kapolda Kepri juga melakukan pengecekan pengamanan di sejumlah gereja.

Mulai pukul 19.00 WIB, Kapolda beserta rombongan sudah bergerak ke Gereja Palmarum di Sekupang. Selanjutnya,
rombongan menuju Gereja Tabgha di Batam Center.

Kapolda dan rombongan kemudian akan meninjau pengamanan di Gereja Simalungun Yang berlokasi di kawasan Seipanas. Rencananya, kegiatan peninjauan ke gereja-gereja itu akan berakhir pukul 22.00 WIB.

Kapolda tinjau Operasi Lilin Seligi

Kapolda Kepri meninjau Pos Pengamanan Natal Dan Tahun Baru di Batam, Selasa (24/12/19). (F: Humas Polda Kepri)

Jaminan keamanan di Kota Batam selama musim libur Natal dan Tahun Baru juga dilaksanakan Polda Kepri lewat Operasi Lilin Seligi 2019 yang dimulai pada 23 Desember 2019.

Harry mengatakan, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto SIK langsung meninjau pelaksanaan pengamanan pada Selasa dini hari tadi di pos-pos pengamanan yang tersebar di wilayah Batam.

Baca Juga :

Polda Kepri Rebus 1.220,7 Gram Sabu, Lalu Dibuang ke Septic Tank

Harry menjelaskan, Operasi Lilin merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya yakni pengamanan dan pelayanan terhadap masyarakat dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.

Saat meninjau ke Pos Pengamanan itu, Kapolda Kepri mengingatkan kepala pos agar memaknai tugasnya dengan baik.

“Berikan contoh kepada anggota yang berada di lapangan dan jadikan kepemimpinan yang mencontohkan. Leads by the example,” ujar Kapolda seperti disampaikan Harry.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin