Home Gaya Kesehatan

6 Manfaat Durian, Bisa Atasi Kanker dan Insomnia

128
Ilustrasi. Buah durian mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. (F: Shutterstock)

Barakata.id, Batam – Siapa yang tak mengenal durian? Bukan hanya enak, durian juga memiliki banyak manfaat lho bagi kesehatan.

Buah tropis yang satu ini memang sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Aromanya yang kuat serta rasa dagingnya yang lembut dan manis menjadikan durian buah favorit yang selalu ditunggu kehadirannya.

Walau dari luar tampilan durian cukup menyeramkan karena diselimuti kulit yang cukup tajam, tapi saat kulit durian itu sudah terkupas, bakal tersaji kelezatan daging buahnya yang dahsyat.

Baca Juga :

7 Manfaat Minum Air Jahe, dari Bikin Langsing hingga Cegah Pikun

Seperti disebutkan di awal, buah durian selain memiliki citarasa mantap, juga mengandung nutrisi penting bagi kesehatan tubuh.

Durian juga punya banyak kandungan karbohidrat yang bagus sebagai sumber energi untuk tubuh manusia.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 6 manfaat durian bagi kesehatan:

1. Melawan kanker

Mengkonsumsi buah durian dipercaya dapat melawan penyakit kanker. Dagingnya yang kaya nutrisi, vitamin serta bahan kimia organik lainnya dianggap berguna sebagai antioksidan.

Antioksidan dalam buah durian itu menjadikannya sebagai buah yang mampu menangkal radikal bebas, penyebab kanker dan sel kanker. Kandungan antioksidan itu bisa meningkatkan sistem kekebalan serta mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Daging durian diketahui memiliki kandungan serat cukup tinggi. Hal itu
sangat membantu melancarkan sistem pencernaan, karena dapat akan mendorong sisa-sisa makanan dalam tubuh.

Baca Juga :

8 Manfaat Biji Mangga, Bisa Cegah Kanker

Kandungan serat dalam buah durian itu juga bisa mengurangi kondisi seperti perut kembung, kram, sembelit, mulas, dan gangguan pencernaan lain, termasuk menekan kanker kolorektal.

3. Meningkatkan kesuburan

Ilustrasi.

Banyak orang percaya bahwa buah durian bisa membantu seseorang yang mempunyai keluhan kesuburan. Itu lantaran buah dengan kulit berduri ini
mengandung hormon dengan tingkat tinggi yang membuatnya jadi obat alami

Durian pun bisa membantu menghasilkan libido yang lebih sensitif. Bahkan, durian juga dapat meningkatkan motilitas sperma.

4. Mengatasi gangguan susah tidur

Kamu mengalami insomnia atau susah tidur di malam hari? Cobalah konsumsi buah durian.

Kandungan asam amino yang juga dikenal dengan senyawa tripofan dalam daging durian bisa mengatasi gangguan susah tidur tersebut.

Senyawa tripofan berguna menjadi penginduksi tidur Anda secara alami. Senyawa ini juga berguna sebagai peningkat kadar melatonin dan serotonin yang bisa mengatasi perasaan cemas, depresi sampai insomnia.

5. Menjaga kekuatan tulang

Proses pengembangan tulang secara sehat membutuhkan kalium yang cukup. Kalium akan berperan dalam mengatur distribusi serta endapan kalsium di tulang sehingga tidak dilepaskan atau tak larut secara berlebihan ke dalam darah.

Baca Juga :

5 Kondisi Kesehatan yang Bikin Perempuan Khawatir

Nah, logam yang termasuk kalium dan kalsium, terdapat dalam buah durian. Jumlah kalium pada durian pun lebih besar daripada jumlah kalsiumnya, sehingga buah ini cocok dikonsumsi untuk membantu proses pengembangan tulang.

6. Menurunkan risiko anemia

Ilustrasi.

Seseorang yang kekurangan hemoglobin rentan terserang keluhan kelelahan, sakit kepala hingga insomnia.

Bagi wanita hamil, anemia atau kekurangan darah dapat mendatangkan bahaya karena bisa menyebabkan kematian atau kelainan pada janin.

Mengapa durian bisa menurunkan risiko anemia? Itu lantaran buah ini mengandung asam folat dengan tingkatan tinggi.

Kandungan tersebut sangat berpengaruh dalam memproduksi hemoglobin. Kandungan zat besi juga mampu menekan terjadinya anemia.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin