Home Nusantara Menelusuri Jejak Firli Bahuri di KPK, Pernah Diusir oleh Pimpinan

Menelusuri Jejak Firli Bahuri di KPK, Pernah Diusir oleh Pimpinan

Ketua KPK
Ketua KPK, Firli Bahuri. F: Barakata.id / bisnis.com
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Jakarta –  Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mulai angkat bicara, terkait Firli Bahuri saat masih menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK.

Saut mengaku pernah mengusir Firli Bahuri dari dalam ruang rapat pimpinan, lantaran kelakuan Firli saat ekspose atau gelar perkara kasus korupsi di lantai 15 Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, April 2019.

Firli Bahuri diusir karena memotret saat ekspose kasus. Aksinya itu dinilai membahayakan penyidikan. Banyak laporan kasus yang tengah ditangani bocor sehingga OTT gagal dilakukan. Pegawai yang ikut rapat membahas kebocoran kasus, kini tak lulus TWK.

Baca juga:

Saut Situmorang  tiba-tiba naik pitam melihat kelakuan Firli Bahuri. Kala itu Firli sebagai Deputi Penindakan KPK diusir keluar dari ruangan karena melakukan tindakan yang melanggar.

“Ketika itu saya marah banget,” kata Saut kepada IndonesiaLeaks, Kamis (17/62021) dilansir dari suara.com

Situasi rapat gelar perkara semakin tegang saat luapan amarah Wakil Ketua Komisioner KPK periode 2015-2019 itu memuncak.

Bahkan, panggilan Saut terhadap Firli pada rapat itu seketika berubah. Saut biasanya memanggil orang yang kekinian menjadi Ketua KPK itu sebagai “Bapak Deputi”. Tapi karena amarahnya memuncak, Saut memanggil Firli dengan sebutan “Anda”.

“Saya selalu bicara dalam rapat itu kan di akhir. Saya hanya ingat kata-kata itu saja,” kata Saut.

Karena peristiwa tersebut, Firli masuk catatan pimpinan. Agus Rahardjo dan keempat wakilnya yang memimpin KPK kala itu, mendesak agar Firli tak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

Baca juga:

Kemarahan Saut bukan tanpa sebab. Menurut sumber IndonesiaLeaks, seperti dikutip dari Suara.com, ketegangan dalam gelar perkara itu disebabkan Firli Bahuri memotret presentasi ekspose kasus menggunakan ponsel pintar.

Ketika seorang deputi penindakan memotret tanpa izin, pemimpin KPK mengkhawatirkan detail kasus yang masih dalam tahap penyidikan tersebut bocor.

Dua sumber lain IndonesiaLeaks membenarkan adanya peristiwa tersebut. Bahkan, mereka mengungkapkan mantan Kapolda Sumatera Selatan itu kerap memotret ruangan di KPK, memakai ponsel pribadi.

Pada awal-awal menjabat Ketua KPK, Firli menyempatkan diri berkeliling Gedung Merah Putih kantor baru KPK untuk memotret semua ruangan yang dikunjungi.

“Dia berkunjung ke beberapa lantai dan foto bersama pegawai,” ujarnya.

Baca juga:

Selain itu, Firli juga diduga menyimpan dokumen-dokumen digital kasus maupun fotonya di gawai pribadi. Setiap dokumen tersimpan rapi dalam folder berbeda-beda.

*****

Editor: Ali Mhd

SebelumnyaTips Menghadiri Pernikahan Saat Pandemi Covid-19
SelanjutnyaPenanganan Kasus di KPK Diduga Bocor ke Pihak Lain, Siapa yang Bocorkan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin