Beranda Urban Nusantara

AFJ FAIR, Festival Pertama dengan Isu Kesejahteraan Ayam Petelur

38
0
AFJ FAIR
AFJ menggelar AFJ FAIR yang mengangkat isu kesejahteraan ayam petelur, 25 Februari 2023 di Yogyakarta.
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Yogyakarta – Animal Friends Jogja (AFJ) baru saja menggelar AFJ FAIR pada 25 Februari lalu. Itu adalah festival pertama yang mengangkat isu kesejahteraan ayam petelur.

- Advertisement -

Festival yang dihelat di Plataran Playon, Yogyakarta itu menyuguhkan talkshow, bazar, dan berbagai booths hiburan dalam rangkaian acaranya. AFJ FAIR atau Animal Friends Jogja – Farmed Animals Initiative Response mengambil Sedulur Care (Semua Dukung Telur Cage-Free) sebagai tema pertama di tahun 2023 ini.

Acara ini memperkenalkan pelaku usaha dan peternak yang sudah berkomitmen beralih menggunakan dan/atau memproduksi telur cage-free (telur non-kandang baterai), mempertemukan mereka dengan perusahaan dan peternak yang belum beralih menggunakan dan/atau memproduksi telur cage-free, dan sekaligus penjangkauan publik.

BACA JUGA : 9 Restoran di Indonesia Mengikuti Tren Bebas Kandang Baterai yang Tengah Melanda Indonesia

Talkshow dengan tajuk “Peran Perusahaan dan Peternak Menuju Indonesia Bebas Kandang Baterai 2030” menjadi pembuka dalam festival ini. Menghadirkan pemilik usaha yang telah berkomitmen bebas kandang baterai dan peternak yang telah menerapkan sistem cage-free, pemerintah, akademisi, perwakilan Lembaga Konsumen, serta organisasi terkait sebagai pembicara.

Talkshow ini membahas proses para pemilik usaha sampai akhirnya mengumumkan komitmen bebas kandang baterainya; bagaimana peternak cage-free mempertahankan bisnisnya di tengah banyaknya peternak kandang baterai di Indonesia; hak-hak konsumen; pelatihan bagi peternak yang ingin beralih cage-free; dan sebagainya. 

Perwakilan dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia dan juga Lembaga Konsumen Yogyakarta, Saktya Rini Hastuti, yang pernah menjabat sebagai Direktur Lembaga Konsumen Yogyakarta pada 2014-2022 menuturkan, konsumen memiliki hak untuk memilih apa yang mereka konsumsi, termasuk telur cage-free atau dari kandang baterai.

“Maka dari itu, kita perlu membangun kesadaran konsumen agar mereka mau membeli produk-produk yang lebih aman dan ramah lingkungan. Sebab, apa yang kita konsumsi bukan hanya merupakan tanggungjawab bagi diri sendiri, melainkan juga pada bumi dan lingkungan,” katanya.

Acara ini pun mendapat antusiasme yang cukup besar dari masyarakat. Terbukti, ratusan orang datang menghadiri AFJ F.A.I.R, meramaikan bazar yang diisi oleh berbagai tenants dari restoran-restoran yang telah berkomitmen menggunakan telur bebas kandang baterai, restoran vegan, berbagai usaha yang berkelanjutan bagi lingkungan.

BACA JUGA : Koalisi Ayam Sejahtera Desak Pemerintah dan Pengusaha Serius Tangani Resistensi Antimikroba

Sebagai hiburan, panitia pun menyajikan penampilan musik dari Frau dan Fajar Merah sebagai penampil utama, serta Original Jrenxx, Anggi Satoko, Nyiur, dan SP Squad.

“Kami memang membuat acara ini dengan format yang berbeda dengan diskusi-diskusi sebelumnya,” ungkap Nanda Annisyar Rais, Koordinator untuk program Farmed Animals, AFJ.

“Dengan cara yang menyenangkan, AFJ F.A.I.R ingin menunjukkan kepada para peternak dan pemilik usaha bahwa ada permintaan yang tinggi akan telur cage-free,” lanjutnya. 

AFJ telah menyuarakan isu kesejahteraan satwa, khususnya satwa yang diternakkan, termasuk ayam petelur sejak tahun 2016. Diharapkan, acara ini dapat menjadi media penyadartahuan dan edukasi yang menarik bagi berbagai pihak, termasuk tentunya masyarakat umum, sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia bebas kandang baterai 2030. (*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini