Home Gaya Tips Menghadiri Pernikahan Saat Pandemi Covid-19

Tips Menghadiri Pernikahan Saat Pandemi Covid-19

16
Ilustrasi. (F: Piqsels)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Gaya- Menghadiri acara pesta pernikahan saat pandemi Covid-19 menjadi dilema. Apalagi jika yang mengundang adalah teman, sahabat atau keluarga.

Di satu sisi ingin datang, di sisi lain takut berada di keramaian. Di masa pandemi ini Anda berhak untuk tidak datang. Tapi jika memutuskan datang, ada tips menghadiri pernikahan saat pandemi Covid-19 yang bisa diterapkan.

Dilansir dari tribaratanews.polri.go.id, ini dia tipsnya.

Baca Juga:

1. Pastikan kondisi tubuh fit.

Jika Anda merasa sakit atau tak enak badan, sebaiknya batalkan rencana untuk hadir ke acara pesta pernikahan. Sebab, jika tak enak badan, seseorang diimbau untuk tak bepergian keluar rumah untuk menghindari penularan Covid-19. Saat sakit kondisi imun lemah, itu memudahkan virus masuk ke tubuh.

2. Pastikan acaranya menerapkan protokol kesehatan.

Jika ternyata acara tersebut tak patuh protokol kesehatan Anda berhak untuk tak menghadiri acara tersebut.

3. Pakai masker.

Pastikan Anda pakai masker mulai dari keluar rumah sampai kembali ke rumah. Apalagi jika berada di jarak yang dekat dengan orang lain, pastikan masker tetap dipakai. Termasuk saat berfoto dengan pengantin atau dengan kerabat lainnya. Sebab, biasanya sesi foto dibarengi dengan bincang-bincang.

Agar tetap bisa tampil menarik, Anda bisa memilih masker dengan desain yang cocok dengan acara pesta. Tapi pastikan masker tersebut layak pakai atau memenuhi syarat sebagai masker perlindungan dari virus.

4. Bawa hand sanitizer.

Di lokasi acara biasanya disediakan hand sanitizer. Tapi untuk memudahkan sebaiknya Anda membawa sendiri hand sanitizer. Cari yang ukurannya mini sehingga tidak ribet membawanya. Semprotkan hand sanitizer setiap kali menyentuh benda-benda di sekitar acara atau tak sengaja bersentuhan dengan orang lain.

5. Sering mencuci tangan.

Jika memungkinkan Anda bisa mencuci tangan tiap kali merasa bersentuhan atau memegang benda-benda berisiko. Tapi jika tak memungkinkan untuk menemukan tempat cuci tangan yang dekat dengan jangkauan Anda bisa menggantinya dengan menggunakan hand sanitizer.

6. Jangan mengobrol saat makan.

Sebaiknya Anda mengurangi bercakap-cakap dengan orang lain. Apalagi saat makan. Sebab, saat makan Anda membuka masker, dan ini tidak aman.

Baca Juga:

7. Gunakan salam namaste.

Usahakan tak berjabatan tangan di lokasi acara. Anda dapat menggantinya dengan salam namaste atau membuat gerakan mengatupkan tangan di dada untuk menggantikan berjabat tangan.

8. Jaga jarak.

Penting untuk menjaga jarak dengan orang lain saat berada di acara pesta. Ini artinya Anda juga tak bisa memberi pelukan kepada pasangan yang menikah untuk memberikan ucapan selamat. Tapi di masa pandemi ini, yang paling penting adalah menjaga keamanan semua orang.

9. Batasi berada di lokasi acara.

Hal yang paling penting saat menghadiri pesta pernikahan di masa pandemi adalah menunjukkan Anda telah datang dan memberi ucapan selamat. Sebaiknya tak perlu berlama-lama di lokasi acara. Sebab risiko kontak dengan orang lain semakin tinggi jika Anda berada di sana.

***

Editor: Asrul R

Advertisement
SebelumnyaWali Kota Blitar Ajak Ulama Gencar Putus Mata Rantai Virus Corona
SelanjutnyaMenelusuri Jejak Firli Bahuri di KPK, Pernah Diusir oleh Pimpinan