Home Warta Arena

Liga Inggris Akan Dilanjutkan, Hadirkan Suara Suporter Palsu

35
Liga Inggris akan melanjutkan sisa musim yang tertunda lantaran pandemi Covid-19. Liga Inggris akan menghadirkan suara suporter palsu. (F: Clive Brunskill/Getty Images)

Barakata.id, Batam – Premier League atau Liga Inggris sedang bersiap melanjutkan sisa kompetisi musim ini yang tertunda. Di antara beberapa opsi yang muncul, liga akan dilanjutkan dengan menghadirkan “suara suporter palsu” di stadion.

Kehadiran suporter dengan segala hiruk-pikuknya selama pertandingan berlangsung memang sangat penting dalam sepakbola. Karena itu, Liga Inggris sepertinya tak mau kehilangan atmosfer itu walaupun nantinya kompetisi digelar tanpa penonton.

Mengutip Daily Mail, saat ini Premier League sedang mempersiapkan sejumlah opsi untuk menggelar lanjutan kompetisi yang terhenti lantaran pandemi Covid-19. Kemungkinan terbesar, sisa pertandingan yang akan dimainkan setiap tim bakal digelar tanpa kehadiran suporter di dalam stadion.

Baca Juga :
Corona Guncang Sepakbola: Mikel Arteta dan Dybala Positif, Ronaldo Dikarantina

Lalu bagaimana menghadirkan “suara palsu” suporter? Pengelola Premier League ternyata menawarkan para suporter mengirimkan suara mereka melalui aplikasi Myapplause.

Suporter klub bisa mengirimkan suara seperti sorak sorai, apakah itu nyanyian, teriakan atau bahkan suara cemooh mereka. Suara-suara itu nantinya dirancang bisa sampai ke stadion hanya dalam tempo satu detik.

Hebatnya lagi, dengan aplikasi tersebut, setiap klub dapat menggunakan fitur level suara yang akan membedakan suara antara suporter tuan rumah dengan suara suporter tim tamu.

Suporter yang menggunakan aplikasi ini nantinya juga diminta untuk memilih pertandingan mana yang ingin mereka tonton dan tim mana yang akan didukung dalam pertandingan tersebut.

Setelah kick-off, para suporter yang mengakses aplikasi itu bakal diberikan empat opsi jika mereka ingin terlibat dengan aksi seperti sorak-sorai, tepuk tangan, bernyanyi, dan meniup sejumlah bunyi yang bisa diperdengarkan di siaran televisi.

Daily Mail menuliskan, beberapa klub raksasa Inggris seperti Liverpool, Arsenal dan Manchester City saat ini sudah melakukan pembicaraan dengan perusahaan teknologi asal Jerman yang membuat aplikasi Myapplause itu.

Baca Juga :
Olahraga Italia Kehilangan Gairah Dihajar Corona

Disebutkan pula bahwa dua klub Liga Jerman telah menguji aplikasi Myapplause itu sebagai penunjang laga tanpa penonton. Hanya saja, suporter akan dikenai biaya satu poundsterling untuk mengunduh aplikasi, tapi tanpa ada tambahan biaya untuk penggunaannya.

Jurgen Kreuz dari Hack-Care mengatakan, aplikasi Myapplause ini memiliki kapasitas untuk menampung satu juta suporter, dengan penundaan transmisi selama sepersepuluh detik.

Maka, jika nanti Anda menonton siaran pertandingan Liga Inggris, jangan heran jika mendengar banyak suara suporter meski di stadion, laga itu tidak dihadiri penonton seperti pertandingan di masa normal

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin