Home Warta Dunia

Olahraga Italia Kehilangan Gairah Dihajar Corona

24
Serie A Italia
Wabah virus corona telah membuat semua ajang olahraga di Italia ditunda. Liga Serie A juga terkena dampak, jadwal berantakan karena pertandingan ditangguhkan. (F: net)

Barakata.id, Batam – Wabah virus corona benar-benar mengguncang dunia. Italia sampai harus menunda semua ajang olahraga, setelah virus corona menghajar negara itu.

Akibatnya, banyak atlet yang tak lagi bergairah untuk melanjutkan kompetisi, termasuk di pentas sepakbola Liga Seri A.

Penyebaran virus corona di Italia memang semakin parah. Di Negeri Pizza itu, saat ini total ada 7.985 orang positif mengidap virus corona, dengan jumlah korban meninggal sebanyak 463 orang.

Catatan itu membuat Italia sebagai negara kedua terbanyak dengan kasus Virus Corona COVID-19 setelah Cina.

“Tidak ada waktu lagi. Angka itu menunjukkan peningkatan yang pesat. Kita harus mengubah kebiasaan. Kita harus mengorbankan sesuatu untuk Italia,” ujar Perdana Menteri Serie A, Giuseppe Conte.

Baca Juga :
Italia Akan Karantina 10 Juta Warga, Putus Mata Rantai Corona

Parahnya serangan virus corona di Italia membuat Conte mengambil langkah tegas. Kemarin, Senin (9/3/20), ia mengumumkan Serie A ditangguhkan selama tiga pekan atau hingga awal April 2020.

Keputusan ini tentu mengganggu persaingan perebutan gelar juara. Sejumlah laga yang sudah terjadwal menjadi berantakan.

Dilasnir dari Football Italia, Selasa (10/3/20), total akan ada 25 laga yang menjadi korban dalam penundaan selama tiga pekan itu.

Contohnya tiga klub Juventus, Lazio dan Inter yang menghiasi posisi tiga besar tentu akan sedikit banyak kehilangan semangat.

Dari tiga pekan itu misalnya, Inter akan menghadapi Sassuolo di pertengahan Maret 2020, selanjutnya Lazio yang akan bentrok dengan Atalanta dan Fiorentina.

Bagi Lazio laga tersebut menjadi sangat krusial mengingat mereka hanya terpaut satu angka dengan Juventus di puncak klasemen. Sementara Juventus yang akan menghadapi Bologna, Genoa hingga Lecce.

“Tidak ada waktu lagi. Angka itu (penderita corona dan jumlah korban meninggal) menunjukkan peningkatan yang pesat. Kita harus mengubah kebiasaan. Kita harus mengorbankan sesuatu untuk Italia,” ujar Conte.

“Saya akan menandatangani perintah yang bisa diungkapkan dengan kalimat ‘saya tetap berada di rumah’. Tidak ada lagi zona merah, yang ada hanya proteksi terhadap Italia,” sambungnya.

Semua ajang olahraga ditunda

Bukan hanya Serie A, Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) mengambil keputusan untuk menunda seluruh ajang olahraga hingga 3 April 2020 mendatang. Keputusan itu diambil setelah CONI menggelar rapat dengan pemerintah Italia di Roma, Senin (9/3/20).

Melansir BBC, CONI pun meminta agar sejumlah kegiatan pertandingan olahraga ditunda. Hal itu harus dilakukan demi memperlambat penyebaran virus corona.

Baca Juga :
Enggak Usah Takut dengan Virus Corona

Jelas, keputusan ini akan mengganggu jadwal pertandingan Serie A dan kompetisi lainnya. Namun, otoritas sepakbola di Italia belum mengeluarkan keputusan apapun pascapengumuman dari CONI.

Federasi Sepakbola Italia (FIGC) dikabarkan baru akan menggelar rapat dengan klub, pemerintah, dan operator kompetisi pada hari ini. Sedangkan, untuk Liga Champions dan Liga Europa, CONI mengaku tak memiliki yurisdiksi terkait itu.

Akibat putusan CONI, Timnas rugby Italia dipastikan akan melewatkan dua pertandingan di ajang Six Nations Championship. Sebelumnya, Italia dijadwalkan akan menghadapi Irlandia dan Inggris.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin