Home Nusantara

Mandalika Layak Jadi Venue Gelaran Wisata Olahraga

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan serangkaian olahraga di Mandalika, Lombok, NTB, Sabtu (16/1/21). (F: kemenparekraf.go.id)
Advertisement

Barakata.id- Kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi salah satu dari 4 destinasi super prioritas (DSP). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan kawasan tersebut jadi venue gelaran wisata olahraga.

Untuk memastikan hal itu, Sandiaga melakukan serangkaian olahraga (triathlon) mulai dari berenang 500 meter di Pantai Tanjung Aan, Sabtu (16/1/21). Kemudian dilanjutkan bersepeda 7,5 kilometer ke Novotel dan lari 2,5 kilometer ke kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok.

Baca Juga:
Dua Hari Berlibur di Lombok, Memandang Laut dari Bukit Gundul hingga Pantai Ajaib Merah Jambu

Advertisement

Sandiaga mengatakan olahraga yang dilakukannya merupakan bagian dari persiapan para komunitas sport tourism untuk menyambut event internasional. Seperti diketahui Mandalika akan menjadi lokasi event bertaraf internasional MotoGP pada Oktober 2021 mendatang.

“Ini adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism, kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP,” kata Sandiaga, dikutip dari laman kemenparekraf.go.id, Minggu (17/1/21).

Menurutnya event-event itu perlu dilakukan untuk meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP. Sehingga getarannya sampai di seluruh Indonesia.

Baca Juga:
Gerakan BISA Kemenpar Diadakan Lagi di Batam

Sementara itu Direktur Utama ITDC Abdulbar Mansoer menjelaskan, Mandalika memang disiapkan menjadi destinasi sport tourism. Kemudian beberapa event lainya dengan konsep olahraga sambil menikmati alam.

“Di tahun 2021 akan ada 5 event internasional mulai dari MotoGP, Superbike, Iron Man, L’etape Indonesia yang menjadi rangkaian Tour de France, dan Rinjani 100,” ujarnya.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin