Home Warta Nusantara

Harga Tiket Pesawat Turun Mulai Pekan Depan

133
Lion Air
Ilustrasi. Lion Air Grup memutuskan menghentikan penerbangan seluruh armada merek sementara mulai 5 Juni 2020, sampai waktu yang belum ditentukan.(F: istimewa)

Jakarta – Mulai pekan depan, harga tiket pesawat berbiaya murah atau low-cost carrier (LCC) akan turun. Penurunan tarif akan diumumkan oleh masing-masing maskapai penerbangan, seminggu dari hari ini.

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasuiton mengatakan, penurunan harga berlaku untuk rute penerbangan domestik, dan pada jadwal-jadwal tertentu.

Keputusan penurunan tarif diambil dalam pertemuan antara Darmin dengan beberapa pejabat dan stakeholders industri penerbangan di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (20/6/19).

“Berapa turunnya jangan tanya saya, nanti diumumkan oleh masing-masing maskapai, seminggu dari sekarang,” kata Darmin usai pertemuan itu, seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Baca Juga : Harga Tiket Pesawat Mulai Turun

Terkait tidak semua tiket penerbangan LCC turun, menurut Darmin, hal itu karena pemerintah tetap ingin memperhatikan keberlangsungan industri penerbangan di dalam negeri. Ia mengatakan, jangan sampai penurunan tiket, membuat industri penerbangan terjepit.

“Untuk menjaga keberlangsungan industri penerbangan, seluruh pihak dalam diskusi tadi, berkomitmen untuk bersama-sama menurunkan biaya dan sharing paying,” katanya.

Baca Juga : KPPU Selidiki Persaingan Tak Sehat usaha Jasa Pengiriman di Batam

Darmin berharap kebijakan ini bisa menjawab kegelisahan masyarakat. Pertemuan di kantor Darmin itu dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana Pramesti, perwakilan dari Kementerian BUMN, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dan PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Dari maskapai, hadir Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) Pikri Ilham dan Direktur Operasi Capt. Bambang Adisurya. Adapun dari Lion Air hadir Direktur Utama Edward Sirait.

Turut hadir juga Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina (Persero) Basuki Trikora Putra. Rapat dimulai pukul 10.00 WIB.

Darmin mengatakan, pertemuan itu untuk membahas evaluasi kebijakan penurunan tarif angkutan udara. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Kemenko Perekonomian telah memerintahkan penurunan Tarif Batas Atas (TBA) untuk maskapai komersial domestik kelas ekonomi.

***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin