Home Warta Ekonomi

KPPU Selidiki Persaingan Tak Sehat Usaha Jasa Pengiriman di Batam

77
Ilustrasi jasa pengiriman barang

Batam – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sedang melakukan penyelidikan sejumlah kasus dugaan persaingan usaha di bidang transportasi udara di Kota Batam. Mulai dari duopoli masakapai penerbangan, hingga jasa ekspedisi.

Komisioner KPPU RI, Dinni Melanie di Batam akhir pekan lalu mengatakan, beberapa penyelidikan yang dilakukan pihaknya adalah, kenaikan harga tiket pesawat, dan kenaikan harga cargo. Selain itu juga ada soal, “monopoli bongkar muat pelabuhan Pelindo”, kata dia.

KPPU mensinyalir saat ini mulai terbentuk duopoli maskapai penerbangan. Khusus di Kota Batam, ada juga terkait jasa pengiriman logistik dan pos

Kepala Kantor Wilayah II KPPU, Akhmad Muhari mengatakan, indikasi adanya persaingan usaha tak sehat ini muncul saat banyak barang paketan ke luar daerah menumpuk di jasa pengiriman di Batam.

Meski penumpukan itu terjadi karena membludaknya barang yang dikirim ke luar Batam, tapi KPPU juga mencium ada perilaku persaingan usaha dari para pengangkut.

“Saat ini sedang dalam tahap penyelidikan. Semoga setelah Lebaran sudah selesai penyelidikannya,” kata dia.

Bagasi berbayar dan duopoli maskapai

Dinni Melanie mengatakan, penyelidikan KPPU juga masuk ke dalam masalah bagasi berbayar yang diterapkan maskapai penerbangan. KPPU menduga hal ini ada kaitannya dengan usaha jasa pengiriman yang dijalankan oleh pihak maskapai.

KPPU sudah membentuk satuan tugas (satgas) khusus penerbangan. Tim investigasi dibentuk untuk penyelidikan terkait dugaan duopoli layanan penerbangan di Indonesia. 

“Travel agen juga kita list harga tiket yang berlaku dari semester akhir 2018 sampai saat ini,” katanya.

Menurut Dinni, saat ini ada praktik duopoli penerbangan yang diduga dilakukan grup Garuda dengan grup Lion. “Ketika terjadi duopoli, persaingan menjadi lebih sedikit sehingga bisa mengatur harga tiket di tarif batas atas, yang membuat harga tiket menjadi mahal,” katanya.

Indikasi lainnya yaitu pembagian pasar. Ada rute tertentu yang tadinya dilayani salah satu grup, “kemudian ditutup dan digantikan grup lainnya.”

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin