Home Kepulauan Riau

Gubernur Isdianto Serahkan Bantuan 5.050 Paket Internet untuk Pelajar Kurang Mampu

29
Gubernur Paket Internet
Gubernur Kepri Isdianto menyerahkan bantuan paket internet gratis kepada pelajar di Tanjungpinang, Rabu (2/9/2020). (Foto: Humas Pemprov Kepri)

Barakata.id, TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri Isdianto menyerahkan bantuan 5.050 Paket Internet Gratis kepada Peserta Didik Kurang Mampu SMAN/SMKN/SLB di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Rabu (2/9/2020).

Gubernur menyatakan bantuan ini salah satu bentuk perhatian dari pemerintah bersama pihak terkait dalam upaya melancarkan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada kondisi pandemi covid-19.

“Pandemi covid yang melanda seluruh aspek kehidupan salah satunya pendidikan mengharuskan adaptasi dan penyesuaian KBM secara daring untuk pembelajaran jarak jauh,” kata Isdianto.

Apalagi saat ini, Kepri terdapat ribuan siswa/siswi yang sedang menimba ilmu pada tingkat SMA/SMK, pelaksanaan KBM secara daring sebagaimana kebijakan Kemedikbud menghadapi sejumlah hambatan.

Seperti kepemilikan gawai telekomunikasi, kondisi sinyal internet yang tidak prima di sejumlah daerah dengan kondisi geografis Kepri yang punya lebih dari 2 ribu pulau, hingga ketiadaan kuota internet bagi para siswa/siswi yang berada dalam kondisi ekonomi yang kurang beruntung.

Untuk itu, tujuan Isdianto bergerak cepat menggesa pelaksanaan ini tidak lain adalah agar para siswa dapat belajar dan guru serta orang tua menjadi tenang. Meskipun dirinya tahu 5 ribu paket tidak akan cukup memenuhi semua.

“Ini menjadi salah satu PR kami agar bagaimana mencari solusi cepat menangani setiap persoalan yang diakibatkan pandemi covid19 ini, salah satunya terkait KBM,” lanjutnya.

Apresiasi dan terimakasih Isdianto ucapkan pula kepada PT XL Axiata yang turut ikut andil dalam mengakomodir penyerahan bantuan ini. Begitupun Dinas Pendidikan dan Dinas Kominfo serta inisiasi dari Asosiasi Kepala Dinas Kominfo Provinsi se-Indonesia (ASKOMPSI) yang melakukan beberapa upaya alternatif, seperti penggalangan kerja sama dengan beberapa provider telekomunikasi.

Isdianto berharap apa yang dilakukan PT XL Axiata menjadi pemicu bagi seluruh pihak yang ada di Kepri. Peran serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata namun menjadi tanggungjawab semua.

“Mari kita bersama, saling peduli terhadap pendidikan di negeri ini, karna eksistensi serta kemajuan bangsa sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan bagi anak kita kelak yang akan menerima estafet kepemimpinan,” tambahnya.

Terakhir, tak bosan-bosannya Isdianto mengingatkan kepada semua untuk tidak bosan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin dalam setiap kegiatan sehari-hari.

“Membiasakan diri untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sangat penting dalam kondisi saat ini, agar kita semua sehat dan senantiasa terhindar dari covid19 sembari kita terus berdoa agar covid19 segera hilang dibumi Kepri,” pungkasnya.

Baca Juga:

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Zulhendri mengatakan bahwa penyerahan bantuan ini terlaksana salah satunya sesuai dari arahan Gubernur saat menggelar pertemuan dengan provider di kantor Dompak, Tanjungpinang agar ikut peduli dan memperhatikan kondisi saat ini terkait kelancaran proses pendidikan.

“Kami terus berkoordinasi melalui vicon dengan
Asosiasi Kepala Dinas Kominfo Provinsi se-Indonesia (ASKOMPSI) dan provider terkait untuk melakukan langkah segera,” kata Zulhendri.

Setelahnya lanjut Zulhendri, ASKOMPSI bersama PT XL Axiata menyalurkan bantuan secara nasional untuk 28 Provinsi dengan jumlah keseluruhan 193.000 buah paket kuota dan untuk Kepri mendapatkan 5.050 paket.

Tahap selanjutnya, untuk Kepri direncanakan akan diluncurkan lagi sebanyak 30 ribu paket internet.

Kemudian, PSM XL Axiata Area Tanjungpinang-Bintan Rudi Dharma menyampaikan bahwa pihaknya senantiasa berkomitmen untuk ikut berpartisipasi aktif dalam memajukan dunia pendidikan, salah satunya kerjasama dengan ASKOMPSI menyediakan bantuan paket internet gratis se Indonesia.

“Untuk Kepri sendiri pada tahap pertama akan disalurkan sebanyak 5.050 paket, selanjutnya kita akan koordinasi dengan Dinas Pendidikan terkait data para pelajar dan sekolah yang mendapatkan bantuan ini,” kata Rudi.

Rudi melanjutkan, komitmen yang di lakukan ini merupakan salah satu bentuk terobosan dalam kelancaran proses belajar jarak jauh.

“Mudah-mudahan dengan bantuan internet gratis ini para siswa dapat lancar dalam proses belajar sehingga menggapai prestasi yang membanggakan,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah, Asisten Bidang Perekonomian Syamsul Bahrum, Kadis Pendidikan M. Dali, Kadis Perpustakaan Herry Andrianto, Plt. Kepala BPBD Budi Harto dan Plt. Kabiro Humas Protokol dan Penghubung Zulkifli.

Editor: Gunawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin