Home Ekonomi Realisasi Investasi di Batam Tahun 2024 Ditargetkan Capai Rp40 Triliun

Realisasi Investasi di Batam Tahun 2024 Ditargetkan Capai Rp40 Triliun

0
0
Target Investasi Batam
Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Susiwijono Moegiarso
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – Realisasi investasi di Pulau Batam tahun 2024 ditargetkan mencapai Rp40 triliun. Target itu naik sekitar 17,5℅ dari pencapaian tahun 2023.

Kebaikan target itu disampaikan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian RI. Target tersebut dinilai cukup layak mengingat Batam masih menjadi salah satu daerah yang memiliki prospek besar untuk Indonesia.

artikel perempuan

Menurut catatan Kementerian Investasi RI, realisasi investasi di luar Jawa masih cukup dominan sepanjang tahun 2023 lalu. Dengan nilai investasi sebesar Rp730,8 triliun dari total keseluruhan yang mencapai Rp1.418,9 triliun di Indonesia.

BACA JUGA : Realisasi Investasi Asing di Batam Tembus Rp7, 5 Triliun

Angka investasi di luar Jawa tersebut meningkat 14,8 persen dari tahun 2022 yang hanya sebesar Rp636,3 triliun. Dan Batam, tumbuh menjadi salah satu daerah yang turut menyumbangkan potensinya untuk pencapaian tersebut.

“Batam memiliki prospek investasinya cukup tinggi. Apalagi beberapa program pemerintah melalui BP Batam akan berjalan, salah satunya adalah Proyek Strategis Nasional yaitu Rempang Eco City. Kita harapkan realisasi investasi pun bisa meningkat,” ujar Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Susiwijono Moegiarso belum lama ini.

Susiwijono menargetkan, investasi di Batam bisa tumbuh dan meningkat menjadi Rp40 triliun pada tahun 2024 atau tumbuh sekitar 17,5℅ dari tahun 2023.

Kata Susiwijono, hal ini menjadi salah satu pencapaian luar biasa agar seluruh potensi daerah dapat terus dimaksimalkan ke depannya.

“Pertumbuhan investasi yang tinggi akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian. Ini menjadi perhatian khusus kita,” pungkasnya.

BACA JUGA : Daftar 10 Negara dengan Investasi Terbesar di Batam

Untuk diketahui, Batam telah menjelma menjadi daerah tujuan investasi baik pemodal dalam negeri maupun asing. Catatan Badan Pengusahaan (BP) Batam, realisasi investasi asing di Batam terus tumbuh dalam tren positif. Tahun lalu, realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Batam sampai menembus Rp7, 5 triliun.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait menjelaskan, sinyal positif pesatnya nilai investasi di Batam sudah terlihat dari realisasi PMA sejak Triwulan I sampai Triwulan III yahun 2023. Saat itu, Batam mencatat perolehan sebesar USD 508,25 juta atau setara Rp7,52 triliun.

Besaran itu didapat dari 1.318 proyek oleh PMA di Batam. Dari keseluruhan proyek yang ada, bidang jasa dan manufaktur tercatat sebagai yang paling dominan dalam penyerapan tenaga kerja.

“Nilai investasi memang harus terus tumbuh positif jika ekonomi Batam ingin terus melangkah maju,” kata dia. (feb)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin