Home Warta Ekonomi

LAZ Batam Bantu Usaha Mikro hingga Rp2,5 Juta, Ini Syaratnya

154
LAZ Bantu Usaha Mikro
LAZ Batam menyerahkan bantuan modal usaha mikro, Senin (31/8/20) (F: LAZ Batam untuk Barakata.id)

Barakata.id- LAZ Batam bantu usaha mikro hingga Rp2,5 juta. Bantuan modal usaha mikro itu merupakan Program Peduli Ekonomi. Modal usaha yang diberikan besarnya bervariasi, tergantung kebutuhan pemilik usaha.

Suripan dan Harlan Foni merupakan dua pemilik usaha kecil yang baru saja mendapat bantuan tersebut. Suripan menerima bantuan sebesar Rp2 juta untuk modal usaha berjualan bakso keliling. Sedangkan Harlan Foni mendapatkan bantuan Rp2,5 juta untuk berjualan sembako di rumahnya.

Direktur Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam Syarifuddin mengatakan, keduanya memang layak dibantu karena masuk dalam kategori 8 asnaf (orang yang berhak menerima zakat).

Baca Juga:
LAZ Batam Serahkan Bantuan Alat untuk Bikin Mi Sehat

“Pemberian bantuan itu juga sudah melewati prosedur. Mulai dari pengajuan oleh bapak-bapak tersebut, lalu disurvei dan ternyata memang membutuhkan,” kata Syarif, Rabu (2/9/20).

Syarif berharap bantuan itu dapat menopang usaha kecil mereka. Sehingga usahanya tetap berkelanjutan, dan mereka bisa lepas dari himpitan ekonomi.

Bantuan kepada Suripan dan Harlan diberikan pada Senin (31/8/20) lalu. Tak hanya memberikan dana, namun tim dari LAZ Batam langsung turun menamani keduanya membeli perlengkapan untuk berjualan.

Suripan ini beralamat di Perumahan Buana Impian. Sehari-hari dia berjualan bakso bakar mulai pukul 5 sore hingga 12 malam di depan kompleks tempat tinggalnya. Meski telah memiliki usaha, namun dia kekurangan alat-alat untuk berjualan. Apalagi uang yang dimilikinya tak hanya untuk memutar usaha. Melainkan harus menghidupi istri dan 4 anaknya.

“Dua anaknya sudah bersekolah, dan dua lagi masih balita,” tutur Syarif.

Sementara Harlan Foni beralamat di MKGR, Batuaji. Sebelumnya bapak tiga anak ini sehari-hari berjualan nasi goreng. Namun beberapa waktu lalu dia mengalami kecelakaan. Modal usahanya tersedot untuk pengobatan, akhirnya usahanya bangkrut. Harlan lalu mengajukan permohonan bantuan untuk modal usaha berjualan sembako ke LAZ Batam.

“Setelah disurvei memang layak mendapatkan bantuan, akhirnya kami beri bantuan,” kata Syarif.

Syarif mengatakan pelaku usaha kecil yang membutuhkan bantuan bisa mengajukan permohonan ke LAZ Batam. LAZ Batam komit untuk bantu usaha mikro. Namun syaratnya harus dipenuhi, yaitu membawa fotokopi KTP, Kartu Keluraga, foto barang jualan atau tempat jualan dan mengisi formulir yang disediakan di Kantor LAZ Batam di Batam Centre.

Setiap hari selalu ada permohonan bantuan yang masuk. Oleh sebab itu, tak semua permohonan langsung diberi bantuan. Melainkan akan ada survei terkait kelayakan. Jika memang layak dan sesuai kriteria penerima zakat maka akan dibantu.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin