Home Warta Arena

Gol Firmino Antar Liverpool ke Final Piala Dunia Antarklub

40
Pemain Liverpool merayakan gol Keita ke gawang Monterrey pada laga semifinal Piala Dunia Antarklub. (F: Getty Images)

Barakata.id, Batam – Roberto Firmino mengantarkan Liverpool ke final Piala Dunia Antarklub usai menekuk Monterrey di Stadion Internasional Khalifa, Qatar, Kamis (19/12) dini hari WIB. The Reds mengalahkan wakil Concacaf asal Meksiko itu di semi final dengan skor 2-1.

Firmino yang masuk ke lapangan menggantikan Divock Origi di menit 85, sukses memuaskan perasaan Juergen Kloop. Ia membayar lunas dengan mencetak gol penentu di masa injury time babak kedua.

Penyerang timnas Brasil itu berjaya meneruskan umpan silang Trent Alexander-Arnold, dan membuat bola bersarang di gawang Monterrey ketika waktu sudah menunjukkan 90+1.

Jalannya pertandingan

Pertandingan kedua tim sudah menggigit sejak peluit babak pertama ditiup wasit. Pasukan Liverpool dan Monterrey sama-sama tampil ngotot dan menunjukkan bahwa mereka ingin memenangi laga itu.

Laga baru berjalan 12 menit saat Naby Keita mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Liverpool. Keita yang menerima umpan terobosan Mohamed Salah, menendang bola ke mulut gawang dari jarak dekat, dan gagal dihalau kiper Monterrey, Marcelo Barovero.

Baca Juga :

Mohamed Salah Kikis “Ketakutan Terhadap Islam” di Liverpool

Salah, Mane dan Aubameyang Berbagi Sepatu Emas

Para pemain Monterrey tersengat oleh gol itu. Mereka langsung mendobrak barisan pertahanan Liverpool. Benar saja, perjuangan mereka membuahkan hasil pada menit 14′.

Rogelio Funes Mori sukses mengecoh kiper The Reds, Alisson Becker hingga mengubah kedudukan menjadi 1-1. Gol Monterrey itu bermula dari skema tendangan bebas.

Bola sepakan bebas itu meluncur langsung ke arah gawang, dan masih bisa ditepis oleh Alisson. Namun, Funes Mori yang berdiri di posisi onside dengan cepat menyambar bola liar dan melesakkannya ke dalam jala.

Setelah gol-gol itu, jual beli serangan pun berlanjut. Pertandingan berlangsung seru.

Beberapa peluang tercipta dari masing-masing tim. Salah satunya peluang James Milner menit ke-23. Tapi bolanya masih bisa diadang Barovero.

Usai peluang Milner itu, gantian Alisson yang dibuat sibuk menghalau serangan bertubi-tubi dari pemain Monterrey. Ia harus jungkir balik menyelamatkan gawangnya dari kebobolan, terutama di menit 27′ dan 37′.

Sesaat sebelum babak pertama ditutup, giliran Keita yang membuat kiper lawan jantungan. Keita nyaris mencetak gol keduanya jika saja Barovero tak melakukan penyelamatan penting dalam laga itu.

Begitu babak dua dimulai, kedua tim juga langsung tampil agresif. Kedua tim sama-sama bermain terbuka yang membuat pertandingan berjalan sengit dan enak ditonton.

Seperti babak pertama, di ronde kedua ini beberapa peluang apik juga tercipta. Peluang terbaik Monterrey ada di menit 50′, ketika tendangan bebas Dorlan Pabon yang meluncur deras ke gawang berhasil ditepis Alisson.

Adapun Liverpool punya sejumlah kesempatan menambah gol dari para penyerang dan gelandangnya. Keita bahkan tampak cukup sedih tatkala tembakan kerasnya dari dalam area pinalti gagal menjadi gol.

Bola yang meluncur kencang masih dapat diblok oleh Barovero membloknya. Menjelang pertandingan berakhir, pelatih Liverpool melakukan beberapa perubahan, salah satunya memasukkan Roberto Firmino untuk menggantikan Origi.

Keputusan yang sangat tepat. Saat semua orang menyangka pertandingan akan berakhir imbang, Firmino dengan tenang menceploskan bola ke gawang Monterrey di menit tambahan 90+1′.

Para pemain Liverpool pun bersorak kegirangan sambil mengerumuni Firmino. Sebaliknya, pasukan Monterrey hanya tertunduk memandang rumput.

Baca Juga :

Community Shield 2019: M City Juara, Liverpool Sial

Liverpool Juara Liga Champions 2018/19

Wasit lantas meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga. Dengan hasil ini, Liverpool berhak melangkah ke final.

Mereka sudah ditunggu Flamengo, tim wakil Conmebol. Laga final bakal digelar Minggu (22/12/19) dini hari WIB.

Susunan Pemain

Monterrey: Marcelo Barovero; John Medina, Cesar Montes (Miguel Layun 79′), Nicolas Sanchez, Leonel Vangioni; Carlos Rodriguez, Celso Ortiz; Dorlan Pabon (Maximiliano Meza 82′), Rodolfo Pizarro (Jonathan Gonzales 89′), Jesus Gallardo; Rogelio Funes Mori.

Liverpool: Alisson Becker; James Milner (Trent Alexander-Arnold 74′), Joe Gomez, Jordan Henderson, Andy Robertson; Adam Lallana, Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain; Xherdan Shaqiri (Sadio Mane 68′), Mohamed Salah, Divock Origi (Roberto Firmino 85′).

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin