Home Warta Arena

Liverpool Juara Liga Champions 2018/19

82
Mohamed Salah mencetak gol ke gawang Tottenham di final Liga Champions 2018/19, Minggu (2/6/19) dini hari WIB.

Madrid – Liverpool sukses merengkuh trofi Liga Champions musim 2018/19 setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 di partai final di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6/19) dini hari WIB. Kemenangan ini menambah daftar gelar The Reds menjadi enam di kompetisi tertinggi antarklub Eropa.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama

Liverpool sudah mengejut para pemain Tottenham saat laga babak pertama baru dimulai. Pasukan Juergen Klopp unggul cepat di menit kedua lewat sepakan pinalti Mohamed Salah.

Wasit memberi hadiah pinalti setelah Mousa Sissoko melakukan hands ball saat menghalau bola sodoran Sadio Mane di detik 28.

Baca Juga : Final Liga Champions: Tottenham vs Liverpool, Siapa Juara?

Setelah gol ini, Tottenham yang baru pertama kali lolos ke final Liga Champions langsung menekan pertahanan Liverpool yang dikomandoi Virgil van Dijk. Harry Kane yang baru sembuh dari cedera jadi tumpuan Tottenham dalam menjebol gawang Liverpool yang dijaga Alisson Becker.

Trent Alexander Arnold menciptakan peluang di menit ke-15, tapi sepakan bek kanan Liverpool itu masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Tottenham yang dijaga Hugo Lloris.

Hingga menit 20 babak pertama, skor Tottenham vs Liverpool tetap 0-1.

Meski Tottenham banyak melakukan penguasaan bola, justru Liverpool yang kembali mendapat peluang di menit 37. Bek kiri Liverpool, Andy Robertson melakukan sepakan keras yang masih bisa ditepis Lloris dan berbuah corners.

Hingga pertandingan usai, Liverpool tetap memimpin 1-0.

Babak kedua

Di babak kedua, Liverpool jadi tim pertama yang memberikan ancaman ke pertahanan lawan. Umpan Robertson hampir saja disambar Mane andai tidak sigap dibaca Lloris.

Song Heung-min kembali jadi pemain yang paling aktif di kubu Tottenham. Aksi individunya kerap membuat pemain belakang Liverpool pontang-panting.

Liverpool merespons ancaman Tottenham dengan memasukkan James Milner. Gelandang pekerja keras itu pun hampir saja mencatatkan namanya di papan skor andai tembakannya tidak berada tipis di sisi gawang Lloris pada menit ke-69.

Baca Juga : All England Final Liga Champions, dari MU vs Chelsea ke Liverpool vs Tottenham

Tottenham yang butuh gol untuk menyamakan skor memasukkan Lucas Moura. Kehadiran pemain asal Brasil itu membuat Tottenham lebih berbahaya.

Pada menit ke-80, Tottenham bahkan dapat dua peluang beruntun dari Son dan Moura. Namun, dua peluang itu digagalkan Alisson yang tampil impresif di bawah mistar.

Empat menit berselang, Alisson kembali jadi penyelamat Liverpool. Ia menepis tendangan Eriksen yang diarahkan ke tiang jauh.

Divock Origi merayakan gol kemenangan atas Tottenham.

Liverpool yang kerap tertekan justru berhasil unggul 2-0 melalui gol Divock Origi. Bola liar hasil sepak pojok mengarah ke Origi yang melepaskan tendangan mendatar menggunakan kaki kiri yang bersarang ke pojok gawang.

Keunggulan dua gol berhasil dipertahankan Liverpool hingga wasit Damir Skomina meniup peluit panjang. Liverpool pun berhak meraih gelar keenam sepanjang partisipasi mereka di ajang Eropa.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur:
Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Harry Winks, Moussa Sissoko; Christian Eriksen, Dele Alli, Son Heung-min; Harry Kane.

Liverpool:
Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Fabinho, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin