Home Gaya Kesehatan

G42 dari Arab Siapkan 10 Juta Vaksin Covid-19 untuk RI

52
G42 Siapkan Vaksin
Ilustrasi. Perusahaan asal Uni Emirat Arab G42 akan mendistribusikan 10 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia di 2020 ini. (F: Reuters/ Dado Ruvic)

Barakata.id- Perusahaan G42 dari Uni Emirat Arab siapkan 10 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Republik Indonesia (RI). Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan G42 merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi kesehatan.

Retno mengatakan, belum lama ini pihaknya telah melakukan pertemuan dan kesepakatan dengan G42.

“Hasil yang kita peroleh dengan pertemuan itu adalah komitmen untuk penyediaan awal vaksin sebesar 10 juta dosis untuk tahun 2020,” kata Retno saat zoom meeting bersama media, Sabtu (22/8/20).

Baca Juga:
Vaksin Covid-19 Buatan China Tiba di Indonesia

Dilansir dari CNN Indonesia, Vaksin Covid-19 yang dijanjikan itu merupakan kerja sama antara G42, perusahaan farmasi Indonesia dan perusahaan farmasi China yaitu Sinopharm. Perusahaan farmasi Indonesia yang mendapakan kerjasama ini adalah Kimia Farma dan Indo Farma.

Namun Retno menyebutkan masih akan ada pembicaran lebih lanjut mengenai rincian komitmen kerja sama tersebut. Vaksin yang akan dihasilkan dari kerjasama ini diteliti di Uni Emirat Arab oleh G42. Indonesia juga telah mengirim tim untuk melihat langsung uji klinis fase III yang sedang dilakukan.

Pemantauan dari dekat itu, dikatakan Retno akan berguna dalam hal pengetahuan dan pengembanga vaksin ke depan.

Baca Juga:
Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri Diprediksi Siap Pertengahan 2021

“Ke depannya kerja sama segitiga antara Indonesia, G42 dan Sinopharm secara prinsip disepakati,” kata Retno.

Selain G42 siapkan vaksin, saat ini G42 juga telah menjalin kerja sama dengan Indonesa terkait test kit menggunakan teknologi laser dan artificial inteligence untuk mendeteksi virus Covid-19.

Teknologi itu disebut Retno dapat membantu tracing lebih cepat dan akan membantu mendukung kegiatan ekonomi yang aman.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin