Home Warta Dunia

Duh, Google Hapus Negara Palestina dari Google Maps

389
Peta Palestina
Ilustrasi. Presiden Palestina Mahmoud Abbas memegang peta yang menunjukkan Negara Palestina di masa depan berdasarkan rencana perdamaian Presiden AS Donald Trump dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB di New York, pada 11 Februari 2020. (REUTERS/SHANNON STAPLETON)

Barakata.id, Batam – Masyarakat dunia sedang heboh soal hilangnya negara Palestina dari Google Maps. Netizen pun ramai-ramai menuding Google sengaja menghapus Palestina di peta online.

Benarkan demikian?

Kehebohan itu bermula dari sebuah unggahan di media sosial Twitter yang kemudian menjadi viral. Pengguna media sosial kemudian menuduh Google menghapus Palestina dari peta digital.

Unggahan tersebut menyajikan tangkapan layar Google Maps menunjukkan wilayah Tepi Barat dan Jalur Gaza bersanding dengan Israel, tanpa ada kata Palestina di gambar tersebut. Dilansir dari Arab News, Sabtu (18/7/20), netizen ramai-ramai mengklaim negara itu telah dihapus dari peta online, termasuk pula di Apple Maps.

“Google tidak tahu malu! Beraninya mendukung Israel dan menghapus Palestina dari Google Maps,” tulis pengguna Twitter @hassan_sheikh4.

Baca Juga :
7 Mesin Pencari Terpopuler untuk Android Selain Google

Palestina
Unggahan netizen soal negara Palestina dihapus dari Google Maps. (Sumber : Kompas.com)

Sementara itu akun Twitter @emyq24 mengatakan Google memang tidak pernah mencantumkan label Palestina pada peta digital tersebut.

“Inilah alasan mengapa meneliti sendiri sangat penting [untuk dilakukan],” tambah akun Twitter @emyq24 sembari mengunggah pernyataan dari pihak Google.

Unggahan tersebut terjadi setelah Presiden Israel Benjamin Netanyahu berjanji untuk mencaplok beberapa bagian di Tepi Barat. Rencana tersebut menuai kritik keras dari negara-negara di dunia dan menyebutnya sebagai pelanggaran hak asasi manusia.

Lalu, apakah benar Palestina sudah dihapus dari Google Maps?

Ya, benar. Nama Palestina tidak ada di dalam visual peta online tersebut alias tidak tercantum di wilayah yang seharusnya merupakan negara Palestina dalam Google Maps.

Dalam aplikasi Google Maps, bila diketik nama Palestina, memang benar tidak akan muncul nama Palestina melainkan Israel. Siapapun yang mencari Palestina di Google Maps sekarang akan diarahkan ke wilayah geografis yang bernama Israel.

Dilansir dari Kompas.com, wilayah Israel ditandai di peta, berpotongan dengan garis-garis yang menggambarkan wilayah Palestina. Berikut ini tangkapan layar dari aplikasi Google Maps: Lihat Foto.

Tangkapan layar dari Google Maps. Wilayah negara Palestina yang dianggap batas-batas yang disengketakan ditandai dengan garis abu-abu putus-putus.

Palestina dihapus dari Google Maps
Tangkapan layar yang menunjukkan peta online Palestina dihapus dari Google Maps. (Sumber: Twitter @hassan_sheikh4)

Tidak adanya nama Palestina di peta tersebut menimbulkan pertanyaan di masyarakat dunia. Padahal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dan negara-negara di dunia mengakui negara Palestina.

Mengutip History, lebih dari 135 negara anggota PBB mengakui Palestina sebagai negara nerdeka. Artinya, sekitar 82 persen populasi dunia secara resmi mengakuinya sebagai negara.

Baca Juga :
5 Cara Mudah dan Cepat Melacak Nomor HP Lewat Google

Mengapa palestina dihapus dari maps? Tidak ada kepastian apakah benar Google sengaja menghapus Palestina atau apa alasan negara itu dihapus dari Google Maps. Melansir Independent, Google tidak segera memberikan komentar terhadap tuduhan tersebut.

Tetapi bagian dari situs webnya didedikasikan untuk menyatakan batas-batas yang disengketakan, dengan ketentuan:

Batas yang disengketakan ditampilkan sebagai garis abu-abu putus-putus. Tempat-tempat yang terlibat tidak menyetujui batas.

Dengan demikian, bisa disimpulkan alasan kenapa Palestina tidak ada di peta online karena Google menganggap Palestina sebagai wilayah yang masih terlibat sengketa.

Pernah terjadi tahun 2016

Ini bukan kejadian pertama. Peristiwa serupa pernah terjadi pada tahun 2016. Mengutip pemberitaan The New York Times pada 11 Agustus 2016, seorang juru bicara mengatakan tidak pernah ada label Palestina di peta digital.

Saat itu, ketika pengguna media sosial mengklaim hal yang sama, pihak Google mengatakan bahwa Palestina tidak pernah ada di petanya.

“Tidak pernah ada label Palestina di Google Maps,” ujar seorang juru bicara Google.

Baca Juga :
Rekaman Audio Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi Diungkap

Meski demikian juru bicara tersebut mengakui ada bug yang menghapus label untuk Tepi Barat dan Jalur Gaza.

“Kami sedang bekerja dengan cepat untuk membawa label ini kembali ke area tersebut,” kata juru bicara tersebut.

Dimana letak Palestina?

Palestina terletak di bagian barat benua Asia. Mengutip History, negara ini adalah wilayah daratan kecil sekitar 2.400 mil persegi.

Hingga tahun 1948, Palestina mencakup wilayah geografis yang terletak di antara Laut Mediterania dan Sungai Jordan. Secara teoritis, negara ini mencakup Tepi Barat atau West Bank (wilayah yang membagi Israel dan Yordania modern) dan Jalur Gaza (tanah yang berbatasan dengan Israel dan Mesir modern).

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin