Home Kepulauan Riau Batam

Wali Kota Batam Tugaskan Kepala OPD Jadi Koordinator Penanganan Corona di Kecamatan

64
Kronologi Warga Batam Positif Corona
Ilustrasi. Wali Kota Batam Muhammad Rudi didampingi Wakil Wali Kota Amsakar Achmad menyampaikan keterangan pers terkait pasien pertama positif Covid-19 di Batam Centre, Kamis (19/3/20) lalu. (F: barakata.id)

Barakata.id, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menugaskan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batam menjadi koordinator penanganan corona virus disease (Covid-19) di tingkat kecamatan. Ia ingin jajarannya berperan aktif dalam mengatasi penyebaran virus corona di Batam.

“Nanti dibagi saja kepala OPD ini untuk menjadi koordinator di kecamatan,” kata Rudi dalam rapat bersama pimpinan OPD Pemko Batam di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Rabu (29/4/20).

Menurut Rudi, ada lima kecamatan yang menjadi prioritas pengawasan penanganan corona di Batam.lima kecamatan itu adalah, Batam Kota, Batuaji, Sagulung, Sekupang, dan Bengkong.

Baca Juga :
Positif Corona, Wali Kota Tanjungpinang Syahrul Meninggal Dunia

Kelima kecamatan ini akan mendapat perhatian khusus dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Saya dan Pak Wakil juga Pak Sekda akan ikut patroli mengawasi ini,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam ini.

Rudi menegaskan, Gugus Tugas akan menerapkan pembatasan sosial per kecamatan. Antara lain dengan memperketat pengawasan penerapan social dan physical distancing di tengah masyarakat.

Tim Gugus Tugas juga akan mengawasi kepatuhan warga dalam penggunaan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

“Edukasi dan sosialisasi tentang pola hidup bersih dan sehat dengan rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, menjaga imunitas tubuh dengan olahraga ringan dan pola makan sehat juga terus digalakkan,” pesannya.

Rudi meminta jajarannya untuk berperan lebih aktif melakukan langkah preventif menyikapi pandemi Covid 19 di Batam ini.

”Dalam mengatasi Covid-19 ini, kita harus kompak, jangan hanya diam saja namun turun ke lapangan langsung,” kata dia.

Baca Juga :
Dua Lagi Pasien Corona di Batam Sembuh

Sebelumnya diberitakan, jumlah pasien sembuh dari virus corona di Batam bertambah 2 orang pada Selasa (28/4/20). Dengan demikian, total pasien sembuh Covid-19 di Batam menjadi 4 orang.

Dua pasien yang sembuh itu adalah pasien kasus nomor 02 dan kasus nomor 05. Kedua pasien adalah laki-laki berusia masing-masing 32 dan 49 tahun.

Kedua pasien itu dinyatakan sembuh setelah hasil uji swab kedua di laboratorium keluar, dan menunjukkan hasil Negatif Covid-19. Seorang pasien corona baru bisa dinyatakan sembuh setelah melalui dua kali uji swab yang hasilnya negatif.

Baca Juga :
Ketua DPRD Batam: Semua Staf dan Wartawan yang Ngepos di Dewan Akan Ikut Tes Corona

Kedua pasien tersebut sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 pada Maret 2020. Mereka kemudian menjalani perawatan di RSBP Batam.

Sebelum ditetapkan sebagai pasien corona di Batam, keduanya punya riwayat perjalanan ke luar daerah. Kasus nomor 02 baru bepergian dari Prancis lalu transit ke Singapura sebelum pulang ke Batam.

Sedangkan kasus nomor 05, mengalami gejala terjangkit virus corona usai kembali dari Jakarta.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin