Home Kesehatan Cara-Cara Sederhana untuk Mencegah Terpapar Virus Corona

Cara-Cara Sederhana untuk Mencegah Terpapar Virus Corona

1247
Dr Dyah Marianingrum
Dr Dyah Marianingrum

Barakata.id, Tanjungpinang – Virus corona atau Covid-19 sudah menjadi momok menakutkan bagi masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Sejumlah daerah di Tanah Air telah masuk dalam zona merah yang artinya penularan virus corona sudah tahap sangat mengkhawatirkan.

Hingga Sabtu, 23 Mei 2020, jumlah pasien Covid-19 di Indonesia tercatat sebanyak 21.745 orang.

Dari total akumulasi tersebut, sebanyak 1.351 pasien meninggal dunia. Sementara itu, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang sebanyak 5.249 orang.

Baca Juga :
PHK, Kunci Agar Sukses Menghadapi Dampak Covid-19

Terhadap penularan virus corona ini pemerintah dan sejumlah ahli kesehatan sudah sering mengeluarkan tips atau cara-cara pencegahan untuk menangkal virus itu.


Misalnya, mengenakan masker, mencuci tangan sesering mungkin, menjaga jarak fisik dengan orang lain, dan membersihkan diri setelah bepergian dari luar rumah.

“Mari mulai sekarang kita budayakan menuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun.”

Baca Juga :
6 Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Menangkal Corona

“Tidak keluar rumah kalau tidak perlu. Kalaupun terpaksa, kenakan masker. Hindari kerumunan, hindari berdesak-desakan. Diatur semua kegiatan kita,” bunyi imbauan dan saran tersebut.

Dr Dyah Marianingrum, SP.PA, Ketua PPI Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Thabib, Kepulauan Riau (Kepri) mengatakan, ada berbagai langkah preventif dasar dan sederhana dalam mencegah dan menangani infeksi virus corona.

“Yang pertama dan yang paling penting dalam mengantisipasi pencegahan dan penanganan akan virus corona adalah cuci tangan atau hand hygiene,” ungkap Dr Dyah di Tanjungpinang, beberapa waktu lalu.

Cara cuci tangan yang benar