Home Gaya Kesehatan

Cara-Cara Sederhana untuk Mencegah Terpapar Virus Corona

Cara Cuci Tangan yang Benar

Hadapi Corona
Seorang perawat di RSUD Bintan menunjukkan cara-cara mencuci tangan dengan benar kepada pengunjung rumah sakit itu, Jumat (6/3/20). (F: Dok. Pemkab Bintan)

Dr Dyah menegaskan bahwa cuci tangan atau hand hygiene merupakan hal penting dan utama sesuai standar kesehatan dalam menanggulangi berbagai macam virus.

“Untuk cuci tangan pun, ada standar WHO yang telah menetapkan bahwa mencuci tangan yang baik dan benar,” katanya.

Menurut dia, mencuci tangan atau hand hygiene adalah langkah preventif pertama yang harus dilakukan semua pihak. Bukan hanya masyarakat, dan pasien tapi juga petugas kesehatan, perawat, dokter hingga petugas sekuriti di rumah sakit butuh pemahaman ini

“Selain itu, sebelum mencuci tangan dengan bersih dilarang juga tangan yang tidak steril menyentuh mata, hidung dan mulut karena hal tersebut rentan masuknya bakteri dan virus yang masuk ke tubuh manusia,” ujarnya.

Baca Juga : Penelitian, Nikotin Diklaim Bisa Mencegah Infeksi Corona

Selain mencuci tangan, lanjut Dyah, cara lain adalah dengan mengetahui atau memahami tentang etika batuk atau hygiene respirasi. Menurutnya, hal ini juga sangat penting diketahui masyarakat untuk dapat mencegah infeksi dan penularan virus corona.

Untuk etika batuk ini ada beberapa langkah yang harus dipahami masyarakat.

“Yang pertama, saat batuk atau bersin, tutuplah mulut menggunakan masker, tisu dan atau lengan,” ujar jebolan Fakultas Kedokteran Unhas Makassar ini.

Baca Juga : Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Hilangkan Kebiasaan Menyentuh Wajah

Setelah itu pun, masker atau tisu bekas batuk dan bersin tersebut harus langsung dibuang di tempat sampah indensius.

Selain cuci tangan dan etika batuk, lanjut Dyah, cara lain untuk mencegah infeksi dan penularan virus adalah dengan tetap menjaga kewaspadaan.

Cara-cara menjaga kewaspadaan di antaranya, menggunakan alat pelindung diri (APD), dekontaminasi perawatan pasien, pengendalian lingkungan, penatalaksanaan limbah, disinfeksi dan sterilisasi linen. Kemudian, perlindungan petugas kesehatan, penempatan pasien, serta praktik penyuntikan yang aman.

Semoga dengan melakukan cara-cara tersebut, kita semua terhindar dsri paparan virus corona.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin