Home Gaya Kesehatan 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Menangkal Corona

6 Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Menangkal Corona

199
Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik
Selama masa pandemi Covid-19, menjaga kesehatan mental sangat penting untuk menangkal masuknya virus corona ke dalam tubuh. (Foto ilustrasi/net)

Barakata.id, Batam – Kesehatan fisik berbanding lurus dengan kesehatan mental. Menjaga kesehatan mental dengan selalu berpikiran positif, termasuk langkah penting untuk mencegah dan menangkal virus corona masuk ke dalam tubuh.

Informasi tentang virus corona memang semakin gencar memborbardir masyarakat. Tak jarang, informasi itu, baik dari sumber resmi pemerintah, media massa maupun jejaring media sosial menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran berlebih dari masyarakat.

Rasa cemas atau bahkan takut di tengah penyebaran pandemi Covid-19 memang wajar. Itu adalah respons alamiah tubuh saat berada di situasi yang serba tak pasti.

Baca Juga :
Kisah Romantis di Pandemi Corona, Fotografer Ajak Tetangga Kencan Via Drone

Namun, di tengah wabah virus corona ini, sangat penting bagi kita agar dapat menjaga pikiran selalu positif. Intinya, jangan pernah panik.

Berikut 6 tips menjaga kesehatan mental yang dirangkum Barakata.id dari berbagai sumber, Minggu (30/3/20):

1. Memilah sumber informasi

Saat ini banyak macam informasi seputar virus corona yang beredar di masyarakat. Untuk menjaga kesehatan mental, kita sebaiknya melakukan pemilahan informasi tersebut.

Jangan sampai kita termakan atau bahkan ikut menyebarkan informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Baca Juga :
Kulit Jeruk Diklaim Bisa Menangkal Virus Corona

Jika memang ingin mengetahui kabar tentang Covid-19, carilah sumber-sumber terpercaya seperti situs WHO (Badan Kesehatan Dunia), Kementerian Kesehatan, maupun situs-situs pemerintahan daerah.

2. Manfaatkan tekonologi untuk mempererat silaturahmi

Manfaatkan teknologi
Selama berada di dalam rumah pada masa pandemi corona, manfaatkan teknologi untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga, saudara dan kerabat. (Foto ilustrasi/net)

Pemerintah sudah mengimbau agar kita sebisa mungkin menghindari kontak fisik atau physical distancing. Salah satunya, dengan berdiam atau beraktivitas di dalam rumah. Jangan keluar rumah kalau tak ada keperluan mendesak.

Meski demikian, hal itu sebenarnya tidak terlalu menakutkan. Kita masih bisa menjalin hubungan dengan orang-orang.

Manfaatkan teknologi yang ada. Kita bisa bisa memakai media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Twitter, Instagram, Line, dan lainnya sebagai alternatif untuk menjalin komunikasi dengan keluarga, saudara maupun tetangga dan teman-teman. Dengan demikian, meski tak bisa berkumpul secara fisik, tapi kita tetap bisa berkumpul secara online dengan mereka.

Teknologi juga dianjurkan untuk mereka yang melakukan sistem kerja di rumah atau Work from Home (WFH). Nah, jika sudah begini, diharapkan penularan virus corona dapat segera terputus.

Selanjutnya, jangan pernah panik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin