Home Nusantara Bantuan Subsidi Upah Pekerja Rp1 Juta Sudah Cair. Begini Cara Ceknya

Bantuan Subsidi Upah Pekerja Rp1 Juta Sudah Cair. Begini Cara Ceknya

34
Foto : dok/BPJAMSOSTEK
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Pemerintah sudah merealisasi Bantuan Subsidi Upah (BSU) pekerja atau buruh yang mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK.

Bantuan ini merupakan subsidi gaji pekerja yang terdampak akibat pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan.


Dengan demikian, penerima akan mendapatkan uang tunai senilai Rp1 juta sekaligus yang akan di transfer melalui rekening pribadi masing-masing penerima yang datanya sudah di setor oleh BPJAMSOSTEK kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Baca Juga : Pacu Herd Immunity Pekerja Pariwisata, BPJAMSOSTEK Gelar Vaksinasi di Bali

Kepala kantor BPJAMSOSTEK cabang Blitar Agus Dwi Fitriyanto menuturkan, bahwa syarat penerima BSU sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.16 Tahun 2021 adalah;

1. Warga Negara Indonesia (WNI),

2. Memiliki gaji di bawah Rp3,5 juta

3. Berada di wilayah PPKM Level 3 dan 4 serta bukan merupakan penerima Bantuan Sosial (Bansos) atau lainnya dari pemerintah seperti Kartu Prakerja (PK), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

“Sebanyak 1 juta data pekerja tahap pertama, dan tahun ini ada 8 juta lebih pekerja yang terdampak yang akan menerima BSU,” ungkap Agus dalam keterangan resminya, Selasa (17/8/2021).

Kemudian kata Agus, untuk mengetahui lebih lanjut apakah pekerja yang telah terdaftar sebagai penerima BSU atau tidak yakni melalui website resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id, atau jika sudah memiliki akun aplikasi BPJSTKU bisa melakukan akses melalui situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id pada menu Bantuan Subsidi Upah, atau bisa juga melalui microsite bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Adapun kanal lain yang dapat diakses oleh peserta adalah melalui layanan Whatsapp di nomor 081380070175, atau melalui Layanan Masyarakat di nomor telepon 175, halaman media sosial resmi BPJS Ketenagakerjaan pada Facebook dan Twitter melalui menu Direct Message (DM).

Baca Juga : BPJAMSOSTEK Blitar Apreasiasi Positif Langkah PHRI Tulungagung Peduli Pekerja Rentan

“Bagi yang tidak mampu menggunakan fasilitas handpone, langsung datang aja ke kantor Cabang BPJAMSOSTEK terdekat dengan membawa serta identitas diri (KTP) dan Kartu Peserta BPJAMSOSTEK,” Imbuhnya.

Selanjutnya, Agus menghimbau kepada peserta untuk tidak memberikan data diri pribadi dan posting pada halaman komen yang tentu saja dapat terlihat oleh publik secara langsung. Namun demikian, pihak BPJAMSOSTEK akan menjawab pertanyaan terkait informasi BSU ini hanya melalui DM atau pesan pribadi di media sosial.

Disisi lain, untuk tetap menjaga kepatuhan atas himbauan pemerintah terkait PPKM, para peserta dihimbau untuk mengutamakan kanal-kanal non fisik untuk mendapatkan informasi terkait apapun, khususnya BSU ini.

“Kami harap peserta dapat mengoptimalkan layanan atau kanal non fisik kami untuk memperoleh informasi, dan kami juga berkomitmen untuk dapat melayani seluruh peserta yang mengakses kanal layanan kami dengan sebaik-baiknya. Kami harap para peserta dapat memaklumi dan mematuhi PPKM yang berlaku,” pungkasnya.

Penulis : Achmad Zunaidi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin