Home Kepulauan Riau Bintan

Apri Sujadi Ingin Kembangkan Petani Milenial di Bintan

29
Apri Sujadi
Bupati Bintan, Apri Sujadi ikut panen raya bersama kelompok tani Maju Jaya di Kampung Sinjang, Kecamatan Toapaya, Bintan, Selasa (11/3/20). (F: Dok. Pemkab Bintan)

Barakata.id, Bintan – Bupati Bintan, Apri Sujadi ingin generasi muda di daerah itu mulai ikut menggarap potensi di sektor pertanian. Ia optimistis, Bintan punya sumber daya manusia dan alam yang bisa diandalkan.

Hal itu disampaikannya saat ikut panen raya bersama kelompok tani Maju Jaya di Kampung Sinjang, Kecamatan Toapaya, Bintan, Selasa (11/3/20). Berbagai jenis sayuran yang ditanam petani di sini merupakan salah satu pemasok kebutuhan sayur bagi pasaran di Bintan dan Tanjungpinang setiap harinya.

Baca Juga :
Bupati Bintan Panen 1 Ton Ikan Kerapu Macan di Desa Mantang

Setiap hari, kelompok tani Maju Jaya mampu memanen rata-rata 120 kg sayur buncis. Menurut Apri, hasil tersebut sangat potensial jika dikelola dengan pengolahan lahan yang tepat.

“Kita punya potensi ini, untuk itulah Pemerintah Kabupaten Bintan terus berupaya menjadi penopang segala kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi petani,” katanya.

Apri mengatakan, bantuan pertanian yang diberikan Pemkab Bintan seperti mesin, peralatan, bibit dan pupuk harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh kelompok-kelompok tani.

Ia menegaskan, saat ini Pemkab Bintan ingin mengubah pola pikir tentang profesi petani terutama di kalangan anak muda.

“Selama ini dalam pikiran yang bertani itu adalah orang-orang tua. Padahal ini profesi yang juga menjanjikan jika pengelolaannya serius,” katanya.

“Di Bintan, sekarang ada beberapa anak muda yang bertani dengan lahan yang cukup luas dan mencatat omset yang cukup luar biasa. Ini yang ingin selalu kita kembangkan, petani milenial,” sambung Apri.

Menurutnya, generasi muda dapat menekuni bidang pertanian dengan pengelolaan dan pemasaran yang ter-manage dengan baik.

Apri Sujadi
Bupati Bintan, Apri Sujadi ingin kembangkan semangat Petani Milenial di Bintan untuk memajukan sektor pertanian. (F: Dok. Pemkab Bintan)

Slamet (52), seorang petani anggota Kelompok Tani Maju Jaya dalam sesi diskusi mengaku senang melihat keseriusan pemerintah daerah dalam membantu petani.

Khusus di Kampung Sinjai dan Kecamatan Toapaya secara umum, kata dia, para petani merasa sangat bersemangat sebab Pemkab Bintan selalu hadir, baik dalam bentuk bantuan maupun pembinaan lapangan.

“Terima kasih atas bantuan pemerintah. Setiap tahun, kami mendapatkan bantuan mulai dari bibit hingga pupuk. Kami senang sekali,” ujarnya.

Baca Juga :
Bupati Bintan Apri Beri Gerobak Gratis, Pedagang: Alhamdulillah, Kami Memang Butuh Ini

Sebagai informasi, Pemkab Bintan mengalokasikan bantuan 30 hektare lahan pertanian di Kecamatan Toapaya pada 2019 lalu, dengan total produksi satu tahun sebanyak 20.307,9 ton. Tahun ini, jumlah produksinya meningkat lebih dari tiga kali lipat.

Dari 107 hektare lahan pertanian di Kecamatan Toapaya, akan menerima bantuan dengan rincian lahan durian seluas 68 ha, lahan bawang merah 12 ha, lahan cabai besar 1 ha, lahan cabai rawit 8 ha dan lahan sayuran daun seluas 18 ha bagi kelompok tani yang ada.

*****

Penulis : Erha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin