Home Gaya

4 Kesalahan Merias Wajah yang Perlu Dihindari

54
Ilustrasi. Rias wajah dengan sempurna dengan menghidari kesalahan-kesalahan dasar.(F : Istimewa)

Barakata.id – Merias wajah adalah kebutuhan bagi sebagian wanita. Tak lengkap rasanya penampilan jika tanpa sapuan kuas makeup. Berkreasi menggunakan makeup juga menjadi kebebasan bagi para wanita. Namun, jika salah mengaplikasan, bukannya memperindah, tapi penampilan Anda malah akan jadi aneh.

Agar terhindar dari kesalahn-kesalahan dalam merias wajah, ada baiknya Anda sering berlatih. Jika tak bisa les privat, Anda bisa melatih kemampuan makeup lewat YouTube atau media sosial. Banyak beauty entushiast yang kerap membagikan tutorial dan aktivitas merias wajanya.

Namun pada dasarnya ada 4 kesalahan dasar yang perlu dihindari. Simak ulasan yang dilansir dari fimela berikut ini.

1. Salah memilih warna foundation

Seringkali karena ingin terlihat lebih cerah, maka Anda memilih foundation dengan warna yang terlalu terang. Sehingga saat diaplikasikan ke wajah justru tidak cocok karena tone warnanya berbeda dengan kulit asli.

Baca Juga : 4 Tips Memilih Foundation Agar Wajah Tidak Belang

Hal itu akan membuat wajah Anda aneh atau belang karena wajah terlalu cerah dan berbeda dengan leher atau tangan. Usahakan sebelum memilih foundation yang akan dipakai. Tes dulu warnanya dengan cara mengusapkan foundation di bagian samping dagu hingga leher. Pilih warna foundation yang paling mendekati warna kulit di bagian leher tersebut.

Selain salah pilih warna, kesalahan paling umum saat memakai foundation adalan memakainya terlalu tebal. Padahal sebelumnya Anda sudah memaki pelembab, dan setelah foundation masih akan memakai bedak. Hal itu akan membuat wajah Anda menjadi seperti topeng. Maka, usahakan memakai foundation jangan terlalu tebal.

2. Salah memilih pensil alis

Kesalahan dasar yang harus dihindari selanjutnya adalah saat memilih warna pensil alis. Banyak perempuan memilih warna pensil alis sesuai dengan warna rambutnya. Kemudian membingkainya dengan tebal sehingga warnanya sama dengan warna rambut,

Padahal seharusnya kesan alis natural yang harus ditonjolkan. Anda bisa memilih pensil alis yang warnanya lebih mudadari warna rambut. Misalnya warna rambut hitam, maka gunakan warna cokelat untuk alis. Kemudian bingkai alismu mengikuti bentuk alis sehingga terlihat lebih natural. Usakana tak mengarsirnya terlalu tebal.

Baca Juga : Alis Serat Masih Digemari di 2020

3. Salah memilih warna dan mengaplikasikan eyeshadow

Kesalahan dasar yang ini masih banyak terjadi di kalangan kaum wanita. Membaurkan warna eyeshadow ke mata dengan sempurna memang tak mudah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus sering berlatih untuk memakainya.

Kesalahan yang pertama adalah salah dalam mengkombinasikan warna eyeshadow sehingga riasan mata akan terlihat aneh. Usahakan untuk memilih warna coklat muda sebagai warna dasar lalu Anda bisa baurkan gradasi warna yang serupa seperti coklat tua, abu-abu, dan hitam.

Cara pengaplikasiannya juga perlu diperhatikan. Bagi yang sudah ahli kelihatannya memang mudah mengoleskan eyeshadow menggunakan jari. Tapi bagi yang belum ahli sebaiknya menggunakan kuas eyeshadow. Sehingga hasilnya lebih rapi dan tak berantakan saat membaurkannya.

4. Conturing wajah yang berantakan

Kesalahan lain yang harus dihindari adalah ketika memakai contour. Seringkali pemula mendapatkan kesulitan sewaktu memoles stik contour ke tulang pipi. Hal itu biasanya karena belum memahami garis tulang pipi atau tidak memahami cara membaurkannya dengan benar.

Contour wajah yang gagal bukannya membuat pipi jadi tirus malah akan terlihat kotor dan kusam. Untuk menghindarinya, pahami terlebih dulu bentuk wajah Anda sendiri. Setelah itu coba katupkan pipi dan membuat ekspresi seperti mulut ikan agar mudah melihat garis tulang pipi. Jika sudah, aplikasikan contour stik mengikuti garis pipi. Setelah itu blend atau barukan dengan menggunakan kuas.

****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin