Home Warta Tekno Tips Cegah Skimming, Modus Kriminal Siber Bobol Rekening

Tips Cegah Skimming, Modus Kriminal Siber Bobol Rekening

236
Skimming
Ilustrasi. (F: Freepik)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id- Skimming merupakan salah satu kejahatan dengan modus pembobolan rekening bank. Korbannya seringkali tak sadar. Tahu-tahu uangnya di rekening bank ludes.

Dilansir dari laman Instagram ojkindonesia, Jumat (12/3/21), skimming merupakan tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit. Caranya dengan menyalin informasi yang terdapat pada strip magentik kartu debit atau kredit secara ilegal.


Jadi skimming ini masuk dalam jenis penipuan yang masuk ke dalam metode phising atau ancaman kejahatan yang dilakukan dengan mencuri data penting orang lain. Termasuk di antaranya data bank seperti nomor rekening, data Anjungan Tunai Mandiri (ATM) seperti nomor kartu dan PIN serta data kartu kredit seperti nomor, jenis kartu dan PIN.

Baca Juga: 

Modus skimming ini terbagi ke dalam dua macam. Ada yang menggunakan ATM ada yang menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) yang biasanya ada di kasir.

Untuk modus di ATM, pelaku menempelkan alat skimmer pada slot kartu ATM. Alat itu dapat merekam data dari strip magnetik kartu. Sehingga dapat menduplikasi kartu nasabah.

Sedangkan di mesin EDC, caranya ada dua macam. Pertama, menyematkan alat skimmer khusus pada mesin EDC. Kedua, dengan metode yang lebih sulit yaitu wire tapping. Metode ini menyadap saluran komunikasi data antara koneksi mesin EDC dan mesin kasir menuju bank atau lembaga keuangan yang dituju.

Meski demikian, ada beberapa kiat atau tips untuk mencegah skimming.

1. Jangan memberikan data atau informasi kartu Anda kepada orang lain

2. Ubah PIN secara berkala dan hindari menggunakan PIN dengan nomor atau huruf yang mudah ditebak. Jangan menggunakan inisial, tanggal lahir atau nomor telepon

3. Tutupi dengan tangan ketika menekan nomor PIN di ATM atau mesin EDC sehingga tak bisa dilihat orang lain

4. Memeriksa lembar slip transaksi. Cocokkan laporan dengan transaksi yang Anda lakukan. Segera laporkan kepada bank jika terdapat kesalahan atau perbedaan.

5. Jangan pernah menandatangani slip transaksi yang kosong.

Baca Juga:

6. Perhatikan kondisi mesin ATM. Apakah ada kejanggalan seperti kabel yang lepas atau yang berbeda. Salah satu bentuk operasi skimming bisa dilihat dari janggalnya keadaan fisik sebuah mesin ATM. Bisa dikarenakan adanya skimmer yang dipasang pada mulut mesin ATM atau tombol angka yang dipasang di mesin ATM.

Contohnya jika menemukan slot kartu pada mesin ATM yang terbuat dari plastik ada benda asing di bagian dalam mulutnya, maka ATM itu patut dicurigai. Sama halnya jika tombol mesin ATM cenderung sulit ditekan maka ATM itu mungkin sudah ditambahkan alat skimming.

7. Perhatikan lokasi dan lingkungan ATM. Lokasi ATM yang cenderung gelap dan tanpa pengawasan sekuriti atau kamera pengawas juga rawan jadi tempat operasi skimming.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin