Tiga Hal Penting untuk Bangkitkan Pariwisata Batam

14
Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri Musni Hardi K Atmaja menyerahkan bantuan bahan pokok kepada PHRI Batam, Sabtu (9/10/21), (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Pemerintah Kota (Pemko) saat ini tengah berupaya untuk bangkitkan pariwisata dengan cara menyiapkan diri menjelang dibukanya pariwisata. Upaya itu didukung oleh banyak pihak, yang bukan saja dari kalangan insan pariwisata.

Salah satu pihak yang mendukung ini adalah Bank Indonesia (BI) Kepri. Dukungan itu diungkapkan oleh Kepala Perwakilan BI Kepri Musni Hardi K Atmaja saat menyerahkan bantuan paket bahan pokok kepada Pemko Batam, Sabtu (9/10/21).


Bantuan itu lalu diserahkan kepada pelaku pariwisata yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batam.

Baca Juga:

Dalam kesempatan itu, Musni berpesan kepada para pelaku pariwisata khususnya PHRI Batam agar menekankan tiga hal agar pariwisata bangkit kembali.

Pertama, menyiapkan diri dengan menerapkan protokol kesehatan CHSE yang ditetapkan Kemenparekraf. Menurut Musni memulihkan kepercayaan kembali tak mudah, butuh sinergi bersama-sama.

Kedua, pelaku pariwisata juga harus menyiapkan diri untuk go digital. Tak hanya persiapan, tapi juga metode pembayaran. Sehingga dapat memperluas akses pasar.

“Persiapan lain (ketiga), memulihkan kepercayaan mulai dari domestik, terutama dengan kegiatan MICE demi meningkatkan kepercayaan masyarakat dan dunia luar wisman,” katanya.

Terkait bantuan bahan pokok yang diberikan, Musni berharap bantuan tersebut dapat membantu dan menambah semangat pelaku pariwisata dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Sementara itu Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengaku optimistis sektor pariwisata akan membangkitkan ekonomi Batam.

“Mari sama-sama kita memulihkan kepercayaan dunia luar dengan terus menangani Covid-19 hingga benar-benar tuntas,” ujar Rudi.

Dalam kesempatan itu Rudi memaparkan penanganan Covid-19 di Batam. Rudi bersyukur dengan kerja sama semua pihak kasus Covid-19 di Batam mulai melandai. Dalam kesempatan itu, Rudi juga mengajak PHRI Batam untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19.

Menurut Rudi jika Covid-19 sudah selesai dan semua warga yang masuk sasaran sudah divaksin semua maka sudah saatnya pariwisata di Batam bangkit kembali.

Diakuinya saat ini Pemko Batam sedang fokus menangani pandemi. Tapi selain itu Rudi juga telah menyiapkan Batam untuk menyongsong pariwisata. Salah satu caranya dengan membangun infrastruktur pendukung pariwisata di Batam.

“Kita tak boleh berdiam diri, sebelum pariwisata Batam dibuka, kita menyiapkan semua untuk menunjang dunia pariwisata Batam,” ujarnya.

Baca Juga:

Ketua PHRI Batam M Mansyur mengapresiasi Wali Kota Batam dan juga BI Kepri yang banyak berbuat untuk pariwisata. Menurut nya, apa yang dilakukan ini sangat berdampak bagi pariwisata khususnya perhotelan.

“Terima kasih banyak dan rasa hormat kami kepada bapak Rudi yang membangun infrastruktur dan banyak berdampak bagi perhotelan,” ujarnya.

Kemudian untuk bantuan bahan pokok sebanyak 613 akan diberikan untuk karyawan perhotelan di Batam. (asrul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin