Home Kepulauan Riau Batam

Rumah Sakit Tanjungpinang Kini Punya Laboratorium PCR

98
Rumah Sakit Tanjungpinang
Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin

Barakata.id, Batam – Rumah Sakit (RS) Ahmad Tabib, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) kini sudah punya laboratorium PCR (Polimerase Chain Reaction). Laboratorium itu akan digunakan untuk keperluan pemeriksaan virus corona (Covid-19).

“Laboratorium PCR di Tanjungpinang ini nantinya bisa memeriksa hingga 400 sample,” kata Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin di Batam, kemarin.

Dengan adanya laboratorium PCR di Tanjungpinang diharapkan bisa membantu mempercepat pengujian sampel swab, sehingga hasilnya lebih cepat diketahui positif atau negatif.

“Jika selama ini hasil uji lab butuh waktu 4-5 hari karena harus dikirim keluar daerah, maka ke depan dalam waktu 4-5 jam sudah bisa diketahui hasilnya,” kata Bahtiar.

Baca Juga :

Bahtiar mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan berbagai persiapan untuk peresmian laboratorium PCR di rumah sakit Tanjungpinang tersebut.

Ia juga mengimbau seluruh masyarakat di Kepri agar tetap mematuhi protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona di daerah ini.

“Selalu jaga kesehatan, menggunakan masker. Mari kita sama-sama mematuhi protokol kesehatan agar pandemi ini cepat berlalu,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Mohammad Bisri menambahkan, saat ini sudah ada tiga unit PCR yang tiba di Batam. Alat itu masing-masing diberikan kepada RSBP Batam, RSUD Embung Fatimah, dan RS Ahmad Tabib Tanjungpinang.

”Semoga dengan adanya PCR ini penanganan pandemi Covid-19 di Kepri bisa lebih cepat,” katanya.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin