Home Warta Nusantara

PILKADA 2020: PDIP Umumkan Nama Paslon 11 Agustus, Termasuk Batam?

150
Pilkada Batam
Ilustrasi/cg

Barakata.id, JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan kembali mengumumkan pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada serentak 2020 pada 11 Agustus. Nama-nama diumumkan melalui telekonferensi.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan sesuai tradisi organisasi yang bersifat sistemik di dalam mempersiapkan pemimpin, partainya akan mengumumkan pasangan calon kepala daerah gelombang III pada Pilkada serentak 2020.

“Momentum Peringatan Ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI dijadikan spirit untuk menggelorakan semangat patriotisme, nasionalisme-kebangsaan bagi Indonesia yang berbangsa satu, bertanah air satu, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Oleh karena itu, lanjut Hasto, jumlah pasangan calon yang diumumkan pun mengambil angka simbolik 75, setelah pengumuman sebelumnya mengambil angka simbolik 45.

Momentum menjelang hari Proklamasi Kemerdekaan RI, menurut Hasto, sesuai amanat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk membumikan Pancasila bagi tatanan masyarakat Indonesia yang bebas dari segala bentuk penjajahan.

“Cara pandang melihat kemerdekaan Indonesia sebagai spirit pembebasan dan pada saat bersamaan berorientasi global guna membangun persaudaraan dunia itulah yang akan ditekankan dan bersifat wajib bagi para pemimpin termasuk kepala dan wakil kepala daerah,” ucapnya.

Baca Juga: Biru Merah Pilkada Batam

Hasto menyebut seluruh calon kepala dan calon wakil kepala daerah diminta untuk memperkuat semangat berdiri di atas kaki sendiri, terutama pada masa pandemi COVID-19.

“Pelaksanaan pilkada di tengah pandemi COVID-19 justru menjadi tanggung jawab pemimpin di dalam membangun harapan rakyat, dan menawarkan kebijakan komprehensif dengan semangat gotong royong memerangi penyebaran virus, memperkuat tradisi hidup sehat guna meningkatkan sistem imunitas rakyat, dan pada saat bersamaan mendorong kebijakan untuk mengatasi persoalan ekonomi,” kata Hasto.

Pilwako Batam

Sebagai gambaran, PDIP belum mengumumkan nama pasangan calon untuk Pilwako Batam.

Pasangan Lukita Dinarsyah Tuwo-Abdul Basyid tengah diusulkan PDIP untuk pemilihan di Batam. Lukita adalah mantan Kepala BP Batam sebelum peraturan ex officio terbit. Sedang Basyid adalah Ketua DPW PKB Kepri dan sempat mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI tahun lalu meski tak berhasil mendapat kursi.

Pasangan ini diusung PDIP, Gerindra dan PKB. PDIP meraih 8 kursi atau peraih kursi terbanyak di DPRD Batam pada Pileg 2019. Gerindra meraih enam kursi sedang PKB tiga kursi. Koalisi ini meraih 17 kursi dari 50 kursi.

Baca Juga: PILKADA KEPRI: Isdianto-Suryani Ancang-Ancang Deklarasi, Demokrat dan PAN Merapat

Hingga hasil keputusan DPP PDIP terbit pertengahan Juli lalu, tidak ada nama Lukita-Basyid. PDIP mengumumkan 45 pasangan calon yang mereka usung. Menurut Ketua DPC PDIP Kota Batam, Nuryanto, keputusan DPP kemungkinan terbit pada tahap berikutnya. “Kami sudah merekomendasikan nama ke DPP, tinggal bagaimana keputusan yang diberikan oleh DPP. Kami siap melaksanakan,” ujar dia dilansir Tribun Batam.

Dengan rival Nasdem dan PDIP, kemungkinan besar Pilwako Batam diikuti dua pasangan calon; Rudi-Amsakar dan Lukita-Basyid. Ada nama mantan kadisperindag Batam, Ahmad Hijazi, yang digaungkan Golkar. Tapi dengan deklarasi Nasdem yang dihadiri Golkar, kemungkinan Hijazi diusung partai semakin tipis.

Pemilihan tahun ini pun diperkirakan mirip-mirip duel lima tahun lalu. Saat itu PDIP mengusung Ria Saptarika-Sulistyana. Pasangan ini hanya diusung dua partai, PDIP dan PAN. Rivalnya adalah Rudi-Amsakar yang kemudian menang dengan 60,4 persen.

Editor: Gunawan
Sumber: Antara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin