Home Nusantara Pemkab Asahan Gelar RPJMD 2021-2026

Pemkab Asahan Gelar RPJMD 2021-2026

27
RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2021-2026
RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2021-2026 (Mario Agusno/barakata.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Asahan – Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar Musyawarah Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) tahun 2021-2026.

Musrenbang yang digelar di aula Melati Kantor Bupati Asahan tersebut bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD Kabupaten Asahan.


“Program prioritas dalam pencapaian pembangunan daerah ada 10 antara lain digitalisasi birokrasi, SDM tangguh, ekonomi mandiri, Asahan sehat, Asahan cerdas, infrastruktur kuat, Asahan religius, lingkungan berbasis partisipatif, Asahan go wisata dan Asahan perang Covid-19,” kata Bupati Asahan, Surya dalam kegiatan tersebut, Rabu (2/6/2021).

Baca juga : Bupati dan Ketua DPRD Tandatangani Nota Kesepakatan RPJMD Asahan 2021-2026

Dan sebagai salah satu rujukan penting dalam perencanaan pembangunan daerah 5 tahunan lanjut Surya, perumusan strategi akan mengimplementasikan sasaran pembangunan yang akan dicapai dengan serangkaian arah kebijakan dari pemangku kepentingan.

Karena pengelolaan pembangunan daerah katanya, memerlukan adanya manajemen strategis yang menetapkan tujuan Pemerintah Daerah serta pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai visi dan misi Kepala Daerah melalui pemberdayaan setiap potensi sumber daya yang ada.

Baca juga : Wujudkan Visi Misi, Pemkab Asahan Gelar Forum Konsultasi Publik RPJMD

“Untuk itu saya minta perhatian kita bersama untuk hal-hal sebagai berikut pertama, Kepala OPD agar memperhatikan kesesuaian visi, misi tujuan dan sasaran dalam RPJMD,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Hasmirizal Lubis meminta prioritas pembangunan daerah disemua tingkatan harus diselaraskan dengan prioritas pembangunan nasional sesuai dengan kewenangan.

Baca juga : Resmi Dikukuhkan, IMPB Siap Sukseskan Visi Misi Pemkab Asahan

“Mari kita integrasikan dalam konteks kewilayahan dengan rencana tata ruang, baik ditingkat nasional, Provinsi maupun Kabupaten/Kota dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan hidup,” ujar Hasmirizal.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Asahan, Wakapolres Asahan, unsur Forkopimda dan lainnya.

*****
Penulis : Mario Agusno

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin