Home Warta Ekonomi

Gaji 13 PNS dan Pensiunan Cair Mulai Besok

Gaji 13 PNS dan Pensiunan
Foto Ilustrasi: Kemenkeu memastikan gaji 13 untuk PNS dan Pensiunan segera dicairkan.
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Jakarta – Kabar gembira bagi PNS atau aparatur sipil negara (ASN) serta pensiunan. Gaji 13 bakal dicairkan mulai besok, Kamis (3/6/21).

Regulasi pemberian gaji ke-13 ini sama dengan pengaturan pemberian tunjangan hari raya (THR), yaitu gaji pokok ditambah tunjangan melekat.

Tidak hanya diberikan kepada PNS yang aktif, gaji 13 juga disalurkan kepada para pensiunan ASN.

BACA JUGA : 10 Kriteria PNS yang Wajib WFH

Dikutip dari situs resmi Setkab.go.id, pemberian gaji 13 untuk PNS dan pensiunan ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2021. PP tersebut sudah ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo pada 28 April 2021.

Pemberian gaji 13 juga diberikan kepada non-pegawai ASN yang bertugas pada instansi pemerintah. Termasuk non-pegawai ASN yang bertugas pada lembaga nonstruktural.

Selain itu, disalurkan pula kepada non-pegawai ASN di instansi pemerintah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum/badan layanan umum daerah, Lembaga Penyiaran Publik, dan Perguruan Tinggi Negeri Baru.

Kebijakan itu berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Dosen dan Tenaga Kependidikan pada Perguruan Tinggi Negeri Baru, atas jasanya dalam mencapai tujuan pembangunan nasional.

Nominal gaji ke-13 juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR dan Gaji 13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan tahun 2021 yang bersumber dari APBN

“Kementerian atau lembaga dapat mengajukan permintaan pembayaran gaji-13 ke KPPN mulai tanggal 2 Juni dan KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) melakukan pencairan mulai tanggal 3 Juni,” kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Hadiyanto di Jakarta, seperti dilansir dari Kompas.com,Rabu (2/6/21).

BACA JUGA : PNS Dapat Biaya Pulsa hingga Rp400 Ribu

Hadiyanto mengatakan, KPPN di seluruh Indonesia sudah melakukan koordinasi dengan satuan kerja (satker) mitra kerja Kemenkeu untuk mengajukan permintaan pembayaran gaji ke-13. Setelah itu, permintaan tersebut akan diproses.

Untuk pencairan gaji 13 PNS dan pensiunan, Kemenkeu telah mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021 dengan total senilai Rp16,3 triliun lebih.

“Perkiraan kebutuhan anggaran untuk pembayaran gaji ke-13 adalah sebesar Rp7,6 triliun untuk Aparatur Negara dan sebesar Rp8,7 triliun untuk pensiunan,” kata Hadi.

*****

Editor : YB Trisna

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin