Warta Nusantara Pasar TPO Tanjungbalai Terbakar, 700 Kios Ludes

Pasar TPO Tanjungbalai Terbakar, 700 Kios Ludes

45
Pasar TPO Tanjungbalai, Sumut terbakar, Selasa (26/11/19) dini hari tadi. Sekitar 700 unit kios dan 4 rumah warga ludes. (F: CNN Indonesia/fnr)

Barakata.id, Tanjungbalai – Kebakaran hebat melanda kawasan Pasar TPO, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, Selasa (26/11/19) dini hari sekira pukul 00.20 WIB. Akibatnya, 700 kios dan 4 rumah warga ludes dilalap si jago merah.

Pasar TPO yang berlokasi di Jalan DI Panjaitan Lk-V, Kelurahan Matahalasan, Kecamatan Tanjungbalai Utara itu adalah tempat jualan pakaian dan barang-barang bekas impor terbesar di kota itu.

Warga Kepling-V, Suprapti mengatakan, asal api diduga dari bagian tengah Komplek Pajak TPO, kemudian merambat keseluruh kios yang berada di sekitarnya.

“Kebakarannya dini hari tadi. Toba-tiba muncul api dari bagian tengah kios. Api cepat membesar karena bangunan di kios itu banyak yang semi permanen,” ujar Suprapti.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar TPO Kota Tanjungbalai, Mulia Simatupang mengatakan, sekitar 700 kios milik pedagang yang terbakar merupakan kios penjualan pakaian bekas.

Ia mengatakan, jumlah kios keseluruhan yang berada di Pasar TPO ada 834 unit. Jumlah kerugian akibat kebakaran diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Pasalnya, barang-barang dagangan milik pedagang di dalam kios juga habis terbakar.

“Sampai sekarang asap api masih terlihat di lokasi kebakaran,” katanya seperti dilansir CNN Indonesia.

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang membakar kawasan Pasar TPO Tanjungbalai, Selasa (26/11/19) dini hari. (F: IST)

Informasi dari pedagang, kebakaran serupa juga pernah melanda kawasan pasar tersebut pada Januari 2016. Sama seperti sekarang, saat itu ratusan kios milik pedagang juga ludes rata dengan tanah.

“Ini yang kedua kali terjadi kebakaran. Dulu kios saya juga habis, sama kayak sekarang,” kata Syarifuddin, pedagang di Pasar TPO.

Baca Juga : Satu Keluarga Tewas dalam Kebakaran di Jakarta

Terpisah, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira menyebutkan, penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan.

“Kerugian material belum diketahui. Api berhasil dipadamkan dengan menggunakan Mobil Pemadam Kebakaran milik Pemko Tanjungbalai dan Pemkab Asahan sebanyak 9 unit serta dibantu masyarakat setempat sekira pukul 04.30 WIB, situasi aman dan baik,” jelasnya.

Menurutnya dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Pada saat terjadinya kebakaran di lokasi, personel Polres Tanjungbalai telah melakukan pengamanan lokasi dan pengaturan arus lalu lintas.

“Petugas masih melakukan pendinginan. Kita masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran itu,” ujarnya.

*****

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here