Home Kepulauan Riau Batam Nyat Kadir: BUMN Sangat Berperan untuk Pemberdayaan Umat

Nyat Kadir: BUMN Sangat Berperan untuk Pemberdayaan Umat

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam –  Anggota Komisi VI DPR RI, Dapil Kepri, Drs H Nyat Kadir mengatakan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peran penting dalam membangkitkan perekonomian umat.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam program pemberdayaan yang diluncurkan BUMN melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Nyat Kadir yang juga sebagai Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam ini menyampaikannya sebagai keynote speaker (pembicara utama) sosialisasi Peran BUMN Untuk Pemberdayaan Umat bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, ibu-ibu majelis taklim  dan RT/RW  di Golden View Hotel, Batam, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Manfaat CSR BUMN bagi Masyarakat, Begini Penjelasan Nyat Kadir

Ketua Kelompok Komisi (Kapoksi) VI Fraksi Partai NasDem ini menjelaskan,  TJSL  itu merupakan  komitmen BUMN, Perseroan Terbatas (PT) yang  berperan serta dalam pembangunan ekonomi  guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.  Jadi lanjut Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD),  CSR merupakan  aktivitas bisnis di mana perusahaan bertanggung jawab secara sosial kepada pemangku kepentingan dan masyarakat luas sebagai bentuk perhatiannya dalam meningkatkan kesejahteraan dan berdampak positif bagi lingkungan.

BUMN lanjut anggota DPR RI  dua periode itu memiliki dua fungsi yakni,  fungsi ekonomi dan fungsi sosial. Hal ini sesuai dengan amanat UU No 19 tahun 2003. Salah satu bentuk fungsi sosial kata Nyat Kadir  disalurkan melalui CSR yang menyasar sektor Pendidikan, UMKM, dan lingkungan. Jadi, kata Nyat Kadir, CSR itu tidak saja berfungsi sebatas pemberdayaan dalam konteks ekonomi, tapi juga jembatan masyarakat dan perusahaan yang ada di lingkungannya.

Baca juga: Nyat Kadir: BUMN Benar-benar Jadi Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

Mantan Walikota Batam ini juga mengapresiasi langkah BUMN yang selama ini juga  telah menyalurkan CSR untuk umat  melalui organisasi keagamaan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan serta pembangunan sejumlah fasilitas ibadah.

Contoh bantuan CSR yang disalurkan untuk  umat melalui organisasi keagamaan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan di Kepri di antaranya ke Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Batam untuk pelatihan nazhir wakaf. 

Kemudian Diklat Kepemimpinan Remaja Masjid Se-Kota oleh Gerbang Kepri, Pelatihan Kualitas Mubalig oleh Persatuan Mubaliq Batam (PMB). Selanjutnya, pelatihan Mujahid Da’wah oleh DPW BKPRMI, Pelatihan Pembinaan Keluarga Sakinah oleh BKMT Kota Batam. Pelatihan Kewirausahaan oleh BKMT Kota Batam dan Pelatihan Dakwah Digital oleh PMB Kota Batam.

Baca juga: Program Nyat Kadir Peduli, Semprot Disinfektan di Perumahan Buana Regency

Sementara bantuan- bantuan lainnya yang diberikan berupa dana atau barang seperti bantuan terhadap pembangunan atau renovasi Masjid, Mushalla, Surau, Gereja, Pondok Pesantren, Rumah Tahfidz Qur’an, Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) dan lainnya yang tersebar di Provinsi Kepri.

Selain sosial dan lingkungan, Nyat Kadir mengungkapkan, program BUMN juga menyasar ke pelaku UMKM di tengah pendemi Covid 19  yang di kelola oleh Permodalan Nasional Madani (PNM) dengan program Mekar.

Untuk mendapatkan pinjaman di PNM itu tidak terlalu sulit, persyaratannya sangat mudah.  Tanpa agunan. Warga  hanya menyiapkan  KTP dan KK, membentuk  kelompok usaha minimal 10 orang dan maksimal 30 orang dengan umur 18 tahun sampai 63 tahun. Bantuan modal yang diberikan Rp2 juta bagi yang mau memulai usaha dan Rp3 juta bagi yang sudah punya usaha.

Baca juga: Cegah Corona, Nyat Kadir Semprot Disinfektan ke Perumahan Warga

“Pinjaman PNM khusus ibu-ibu yang membuka usaha itu  di beberapa tempat sudah kita fasilitasi dengan membentuk beberapa kelompok di Sungai Panas dan Batuampar. Ke depan, saya terus mendorong agar kolaborasi antara BUMN dalam pemberdayaan umat terus dibangun dan diperkuat,” ungkap Nyat Kadir. (ali/r)

SebelumnyaJefridin Ajak Kolaborasi untuk Wujudkan Batam Tanpa Kawasan Kumuh
SelanjutnyaVaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Batam Capai 133.051 Dosis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin