Home Kepulauan Riau Batam

Masjid Agung Batam Dipugar, Pemko Siapkan Anggaran Rp172 Miliar

60
Masjid Agung Batam
Pemko Batam akan merenovasi Masjid Agung Batam di Batam Centre. Pemko menyiapkan anggaran Rp172 miliar untuk mempercantik dan menambah sejumlah fasilitas pendukung di masjid tersebut. (F: Barakata.id/Yuri B Trisna)

Barakata.id, Batam – Masjid Agung Batam akan dipugar menjadi lebih luas, lebih cantik dan lebih lengkap. Pemerintah Kota Batam menyiapkan anggaran hingga Rp172 miliar untuk merenovasi salah satu ikon Kota Batam itu.

“Akan kita kembangkan. Saya bersama pak Wakil Wali Kota (Amsakar Achmad), Pak Sekda (Jefridin) akan merenovasi full Masjid Agung Batam. Tak sekadar tempat beribadah saja, kita akan bangun seperti Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di acara pelantikan pengurus DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kota Batam masa bakti 2019-2023, di Golden Prawn Bengkong, Batam, Sabtu (22/2/20) lalu.

Rudi mengatakan, proyek revitalisasi Masjid Agung yang berlokasi di Batam Centre itu akan dilaksanakan tahun ini. Salah satu pekerjaan pemugaran adalah melengkapi beberapa fasilitas penunjang sehingga menyerupai Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah atau Masjid Agung II Batam yang berlokasi di Batuaji.

Baca Juga :
Umur Warga Batam Bisa 73 Tahun, Paling Tinggi di Kepri

Nantinya, Masjid Agung yang dulunya dikenal sebagai Masjid Raya Batam itu akan dilengkapi dengan ruang multi fungsi semacam ballroom atau convention hall dengan kapasitas atau daya tampung hingga 5.000 orang.

“Ruang salat juga akan diperluas sehingga dapat menampung 5.000 jemaah. Total keseluruhan akan mampu menampung 10 ribu jamaah,” kata Rudi yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Batam, Suhar mengatakan, pemugaran Masjid Agung terdiri dari perbaikan bangunan lama, penambahan parkir bawah tanah (basement), dan penambahan area plasa masjid. Selain itu juga ada pembuatan koridor baru, serta penambahan bangunan baru untuk keseimbangan sisi utara dan selatan.

Ia mengatakan, area parkir direncanakan dapat menampung lebih kurang 178 kendaraan roda empat dan 108 kendaraan roda dua. Pembuatan parkir basement diharapkan dapat mengurai jumlah kendaraan yang parkir di tepi jalan seputar masjid.

“Di bangunan utama ada beberapa perbaikan dan penambahan saja. Tidak mengubah total. Nanti kita juga akan pagar keliling. Jadi hanya ada dua pintu masuk,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga :
Pemko Batam Tambah 5 Menara Setinggi 77 Meter di Masjid SMRS

Pemko Batam, lanjut Suhar, juga berencana menambah menara masjid. Saat ini jumlah menara hanya satu, dan akan ditambah menjadi lima menara.

“Itu sesuai rukun Islam. Satu di antaranya akan dibangun setinggi 100 meter, lengkap dengan lift, sebagai menara pandang,” kata dia.

Suhar mengatakan, anggaran yang dibutuhkan untuk renovasi keseluruhan Masjid Agung ini sebesar Rp 172 miliar. Proses pengerjaan dilakukan dengan skema tahun jamak selama tiga tahun.

Mulai dari tahun 2020 sebesar 10 persen atau lebih kurang Rp17,2 miliar, lalu tahun kedua dan ketiga masing-masing 45 persen. Lelang pengerjaan fisik direncanakan pada awal April 2020 mendatang.

“Kalau perkiraan kami, jika pertengahan Maret kontrak, awal April sudah mulai pengerjaan fisik. Mudah-mudahan lancar lelangnya,” katanya.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin