Home Kepulauan Riau Batam

Pemko Batam Tambah 5 Menara Setinggi 77 Meter di Masjid SMRS

102
Destinasi Wisata Budaya Batam
Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) Batam

Barakata.id, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan melanjutkan proyek pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) tahun ini. Di antaranya adalah membangun 5 menara setinggi 77 meter.

Untuk mendukung proyek pembangunan itu, Pemko Batam sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp103 miliar dalam APBD Batam 2020.

“Pekerjaan Masjid Sultan tahun ini termasuk yang prioritas. Anggarannya kita siapkan Rp103 miliar untuk pekerjaan lanjutan,” kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kota Batam, Suhar di Batam, kemarin.

Baca Juga :
Masjid SMRS Batam Siapkan Jubah Khusus untuk Turis Non-Muslim

Ia mengatakan, pembangunan 5 menara tersebut akan melengkapi menara pandang setinggi 99 meter yang sudah dibangun pada proyek tahap pertama.

“Jadi di samping menara pandang setinggi 99 meter yang sudah dibangun di tahap awal, kita juga akan membuat lima menara lain yang berukuran lebih kecil,” ujarnya.

Pembangunan lain di Masjid SMRS atau dikenal juga dengan Masjid Agung II itu adalah, pemasangan pendingin dan karpet di ruang salat utama.

Baca Juga :
Masjid Agung II Batam Masuk Paket Wisata Wajib Dikunjungi Turis

Menurut Suhar, karpet yang dipasang akan memiliki ketebalan hingga 1,9 cm dengan kualitas bagus. Ruang salat utama juga akan dipasang kaca patri.

“Saat ini ruang salat utama masih ada bagian yang terbuka. Ke depan, saat AC terpasang, bagian ini akan ditutup dengan kaca patri,” kata dia.

Maket Masjid SMRS Batam

Pekerjaan lainnya yaitu, pembuatan toilet dan tempat wudhu untuk perempuan di rubanah (basement). Saat ini, tempat wudhu untuk perempuan dan laki-laki memang masih berada di sisi kiri masjid.

“Nantinya tempat wudhu perempuan juga akan ada di sebelah kanan masjid,” ujar Suhar.

Baca Juga :
Masjid Raya Batam II Bisa Kampung 24.536 Jemaah Terbesar di Sumatera

Pada proyek lanjutan tahun ini, Pemko Batam juga akan melaksanakan sejumlah pekerjaan seperti penataan taman, pembuatan kolam air mancur di halaman utama, dan penyelesaian ornamen-ornamen mihrab.

Suhar menegaskan, untuk pelaksanaan pekerjaan tahun ini akan dilelang. Karena tidak masuk dalam proyek tahun jamak yang sudah tuntas tahun lalu.

“Yang kemarin sudah selesai jadi lelang lagi. Dokumen lelangnya sudah siap, tinggal unggah. Mudah-mudahan secepatnya bisa dapat pemenang sehingga pekerjaan bisa segera mulai. Pemenang lelangnya bisa sama dengan yang lalu atau pemenang baru,” kata dia.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin