Home Kepulauan Riau Natuna Komisi II DPRD Natuna Siap Kawal Aspirasi Masyarakat di Musrenbang

Komisi II DPRD Natuna Siap Kawal Aspirasi Masyarakat di Musrenbang

18
Musrenbang Natuna
Sejumlah anggota DPRD Natuna menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Wilayah II tahun 2020 di gedung Madah Kencana, Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut, Natuna, Rabu, (12/2/20) malam. (F: Barakata.id/Edi Zamri)

Barakata.id, Natuna – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Natuna, Marzuki menegaskan, pihaknya siap mengawal aspirasi masyarakat yang diusulkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Hal itu disampaikannya saat menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Wilayah II tahun 2020 di gedung Madah Kencana, Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut, Natuna, Rabu, (12/2/20) malam.

Marzuki mengatakan, pihaknya akan tetap mengawal segala usulan-usulan masyarakat yang bersifat prioritas.

“Kami dari Komisi II DPRD Natuna siap mengawal ini. Jangan seperti tahun lalu, ada dua kecamatan yakni Bunguran Barat dan Batubi yang tidak muncul di tahun 2020 ini, padahal itu prioritas. Ya minimal ada dualah yang muncul per kecamatannya,” ujarnya.

Baca Juga :
Jepang Hibahkan Anggaran Pembangunan Pasar Ikan Modern Natuna

Pada kesempatan itu, Marzuki yang hadir bersama para anggota Komisi II lainnya seperti Saifullah, Azi, Aryandi, dan Hendri FN, juga berharap masyarakat bisa memahami kekuatan anggaran daerah. Jika ada aspirasi yang belum terealisasi, hendaknya dipahami bahwasanya hal tersebut bukan tidak disetujui, melainkan ditunda.

Pasalnya, segala program yang telah diusulkan untuk tahun 2021 nanti, dinilai jauh melebihi anggaran yang tersedia saat ini.

Marzuki menjelaskan, semua kecamatan yang ada di Natuna, telah mengusulkan berbagai program melalui Musrenbang dengan estimasi anggaran keseluruhannya sekitar Rp4 triliun.

Musrenbang Natuna
Suasana Musrenbang tingkat Kecamatan Wilayah II tahun 2020 di gedung Madah Kencana, Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut, Natuna, Rabu, (12/2/20) malam. (F: Barakata.id/Edi Zamri)

Angka tersebut, lanjut Marzuki sangat besar dan tidak sebanding dengan kekuatan anggaran daerah yang tersedia saat ini, yang hanya sekitar Rp1,3 triliun.

“Karena itu, kami juga berharap kepada masyarakat supaya bisa memahami keterbatasan anggaran di Pemerintah Kabupaten Natuna. Kalau usulan dari seluruh kecamatan mau kita realisasikan, berarti dana yang kita butuhkan hampir 4 triliunan. rupiah,” ujarnya.

“Sementara ketersediaan anggaran kita jauh di bawah itu,” pungkas Marzuki.

Baca Juga :
Kunjungi Natuna, Panglima TNI dan Kapolri Beri Bansos Warga Sekitar Tempat Observasi

Untuk diketahui, Musrenbang tingkat Kecamatan Wilayah II diikuti 6 kecamatan yaitu, Kecamatan Pulau Laut, Bunguran Barat, Bunguran Utara, Bunguran Batubi, Pulau Tiga, dan Kecamatan Pulau Tiga Barat.

Musrenbang itu dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna Wan Siswandi.

Tampak hadir di acara itu sejumlah pejabat Natuna di antaranya, Wakil Ketua DPRD Natuna Daeng Ganda, dan sejumlah anggota DPRD Natuna lainnya seperti Wan Aris, Husen, Pang Ali, Junaidi, Eriyandi, Lamhot Sijabat, dan Erwan Haryadi.

*****

Penulis : Edi Zamri

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here