Home Gaya Kesehatan

Kamu Harus Tahu, Ini 4 Kelemahan Virus Corona

312
Cairan disinfektan
Banyak pihak yang menganjurkan agar dilakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap benda/barang/tempat yang sering disentuh manusia, untuk membunuh virus corona. (F: ilustrasi/net)

Barakata.id, Batam – Kemunculan virus corona atau Covid-19 telah menjadi momok menakutkan bagi manusia karena seolah tak memiliki kelemahan. Virus yang menginfeksi saluran pernapasan itu terkesan begitu kuat, dan sulit disembuhkan.

Penyebaran virus yang sangat cepat benar-benar membuat banyak pemerintahan negara kelabakan dan kewalahan untuk mencegahnya. Sementara itu, para ahli kesehatan dan peneliti juga masih terus berjuang mencari vaksin untuk menangkal Covid-19.

Baca Juga :
6 Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Menangkal Corona

Sementara ini, langkah yang bisa dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona adalah dengan melakukan pembatasan jarak aman; social distancing dan physical distancing. Ada pula negara yang menerapkan karantina wilayah atau lockdown, menutup total pintu masuk dan keluar wilayahnya dari lalu lintas manusia.

Selain itu, dianjurkan pula bagi setiap orang untuk menggunakan masker, memakai hand sanitizer hingga penyemprotan cairan disinfektan. Semua dilakukan agar penyebaran Covid-19 dari satu manusia ke manusia lainnya dapat dicegah.

Dilansir dari berbagai sumber, virus corona ternyata memiliki sejumlah kelemahan. Ini membuka peluang bagi kita untuk menekan kehadirannya dalam kehidupan kita.

Baca Juga :
WHO Berubah, Kini Dukung Semua Orang Pakai Masker

Berikut 4 kelemahan virus corona yang perlu kita ketahui:

1. Mati jika terkena sabun

cuci tangan pakai sabun
Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas dapat mencegah kita dari serangan irus corona. (F: ilustrasi/net)

Pemerintah dan para ahli selalu menganjurkan kita agar rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun baik sebelum maupun sesudah beraktivitas. Kita juga disarankan membasuhnya dengan air yang mengalir.

Sejak wabah virus corona ini merebak, diketahui bahwa sistem penularannya antarmanusia lebih banyak melalui sentuhan tangan. Itu pula sebabnya kita diminta tidak bersalaman, serta menghindari memegang atau menyentuh wajah, sebelum mencuci bersih tangan kita dengan sabun.

Dilansir dari Fimela, kandungan senyawa pada sabun disebut-sebut mampu menghancurkan tiga bagian penting yang ada pada virus corona, yaitu:

1. DNA atau RNA yang menjadi inti dari virus.
2. Protein yang merupakan bahan baku virus untuk menggandakan diri.
3. Lapisan lemak sebagai pelindung luarnya.

Ketiga bagian tersebut tidak terikat secara kuat antara satu dengan yang lainnya sehingga, saat lapisan lemak hancur karena bertemu dengan senyawa sabun maka Covid-19 pun akan hancur dan mati.

2. Mudah dikalahkan dengan antibodi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin