Home Warta Dunia

WHO Berubah, Kini Dukung Semua Orang Pakai Masker

156
Masker
Masker dianggap ampuh untuk mencegah penyebaran virus corona. WHO kini mendukung settiap orang memakai masker. (F: Istockphoto/ Izusek)

Barakata.id, Batam – Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendukung semua orang pakai masker untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19). Untuk masyarakat umum, masker yang dipakai bisa berbahan kain.

Keputusan WHO ini muncul setelah penelitian ilmiah menunjukkan dampak positif dari pemakaian masker dalam mencegah penyebaran virus corona.

Imbauan ini berbeda dengan kebijakan WHO sebelumnya yang menyebut masker hanya dipakai untuk orang sakit dan tenaga medis yang merawat pasien.

Baca Juga :
Cegah Virus Corona, Orang Sehat Tak Disarankan Pakai Masker

Dilansir dari South China Morning Post, Minggu (5/4/20), Kepala Program Darurat Kesehatan WHO Michael Ryan menyebutkan, untuk petugas medis, masker yang digunakan adalah masker bedah dan masker medis. Sedangkan untuk masyarakat umum, bisa memakai masker berbahan kain untuk menutup wajah, termasuk masker buatan sendiri.

“Kami melihat perkembangan keadaan, penggunaan masker dapat membantu untuk merespons penyakit ini (virus corona),” ujar Michael Ryan.

Baca Juga :
6 Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Menangkal Corona

WHO pun mendukung setiap pemerintah yang mendorong masyarakatnya mengenakan masker di tengah semakin meluasnya penyebaran Covid-19. WHO menunjuk pemerintah di kawasan Eropa yang telah mengharuskan warganya menutup hidung dan mulut di depan umum dengan mamakai masker.

“Pemakaian masker dapat mengurangi tingkat infeksi pada orang yang terinfeksi. Kami mendukung pemerintah yang menjadikan pemakaian masker sebagai bagian dari strategi komprehensif untuk mengendalikan Covid-19,” kata dia.

Namun, Michael Ryan menekankan, penggunaan jenis masker medis lebih wajib untuk para petugas kesehatan. Penggunaan masker bedah, medis, dan masker seperti N95 harus memprioritaskan penggunaannya untuk garis terdepan.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin