Home Gaya

Jaga Kesehatan Hati dengan Kunyit dan Lidah Buaya

70

Di masa kini, banyak orang yang menerapkan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Padahal, jika gaya tersebut diteruskan, bisa merusak jaringan hati.

Akibat yang ditimbulkannya pun cukup serius. Di antaranya, penyakit kuning, hati berlemak, bahkan hepatitis.

Tapi jangan khawatir. Sejak dulu, sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasi persoalan penyakit tersebut. Cukup dengan kunyit dan lidah buaya.

Dilansir The Indian Express, kunyit dan lidah buaya diketahui sebagai bahan alami yang bisa membantu menjaga kesehatan hati. Dua bahan tersebut pun sangat mudah diperoleh.

Kandungan kuning dari kunyit yang diramu bisa mendukung fungsi hati dan membersihkan darah dengan membantu menghilangkan racun dari tubuh. Di banyak kasus, kita bahkan tidak perlu menggunakan ramuan kunyit tambahan, jika di dalam makanan yang kita konsumsi sudah mengandung kunyit.

Adapun lidah buaya, kita bisa mengolahnya dalam bentuk jus. Jus lidah buaya diketahui dapat mengeluarkan racun dari hati dan membantu buang air besar.

Selain menyejukkan sistem pencernaan, lidah buaya juga dianggap bisa melawan stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Namun, untuk menggunakan atau mengkonsumsi dua bahan alami itu, ada baiknya kita berkonsultasi lebih dalu dengan dokter agar hasilnya memuaskan.

Atasi Masalah Kulit

Selain masalah kesehatan hati, kunyit dan lidah buaya juga dipandang sebagai bahan alami yang sangat bagus untuk mengatasi masalah pada kulit. 

Kunyit mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi yang bisa menyembuhkan masalah seperti pigmentasi. Sedangkan lidah buaya mengandung antioksidan yang bisa menghancurkan racun di kulit dan mencegah infeksi. 

Oleh karena itu pencampuran dua bahan ini, dinilai sempurna untuk mengatasi sejumlah persoalan kulit. 

Berikut masalah kulit yang bisa diatasi oleh ramuan campuran lidah buaya dan kunyit.

Penuaan dini

Radikal bebas yang menyerang kulit bisa menyebabkan kulit keriput dan garis halus. Ramuan kunyit dan lidah buaya, bisa mencegah gejala penuaan pada kulit. 

Caranya, buat pasta dengan 1 sendok teh lidah buaya, 1 sendok teh kunyit, dan 1 sendok teh santan. Setelah teraduk rata, oleskan pada wajah dan biarkan selama dua menit, sebelum dibersihkan dengan air hangat.

Jerawat

Nutrisi yang ditemukan dalam lidah buaya dan kunyit juga bisa menghancurkan kuman dan bakteri pada kulit yang menjadi penyebab jerawat.

Caranya, buatlah pasta dari kunyit dan lidah buaya yaitu, ambil satu sendok kunyit dan lidah buaya kemudian tambahkan dengan satu sendok madu. 

Oleskan pasta tersebut ke area yang terkena jerawat dan biarkan selama 15 menit. Selanjutnya cuci dengan air hangat. 

Eksim 

Masalah eksim terjadi karena keringat berlebih atau kelembaban. Ramuan campuran kunyit dan lidah buaya dapat menyembuhkan eksim dengan cara mengoleskannya ke area yang sakit.

Kedua bahan alami itu mengandung antioksidan, antijamur, dan anti-inflamasi. 

Untuk membuat pasta, campurkan satu sendok kunyit dan lidah buaya, kemudian tambahkan satu sendok minyak kelapa. 

Oleskan pasta tersebut ke area yang terserang eksim, biarkan sekitar 30 menit lalu cuci dengan air hangat suam kuku

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin